Follow Us

Tetap Nyaman Meminjamkan MacBook Melalui Guest Account

Sayz Lim - Kamis, 09 Mei 2013 | 11:07
Tetap Nyaman Meminjamkan MacBook Melalui Guest Account

Meminjamkan Mac milik pribadi ke orang lain itu menyeramkan.

Tidak peduli siapa yang Anda pinjamkan. Orang tua, pacar, sahabat, dan bahkan anak sendiri. Desktop di mana Anda meletakkan berkas-berkas serta dokumen penting beresiko hilang apabila Anda tidak memperhatikan apa yang dilakukan sang peminjam. Hal terakhir yang Anda perlu ingat adalah tidak meminjamkan Mac Anda tanpa pelindungan yang ketat.

Beruntungnya sistem operasi bawaan Mac, yaitu OS X, menawarkan cara yang sederhana untuk mencegah kecelakaan di atas. Sebuah fitur bernama Guest Account mengizinkan pengguna lain menggunakan Mac Anda tanpa memiliki akses terhadap dokumen-dokumen penting. Dengan kata lain, mereka mempunyai akun sementara saat menggunakan Mac, dan setiap dokumen akan dihapus saat mereka log out dari guest account.

Dalam tutorial kali ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah mengaktifkan guest account beserta pengaturan-pengaturan yang bisa membatasi kegiatan sang peminjam.

Mengaktifkan Guest Account

Sebelum mengaktifkan guest account, Anda sebaiknya memasang password pada akun pribadi. Apa artinya guest account apabila orang bisa mengakses Mac Anda melalui akun administrator? Anda dapat memasang password buat akun Anda melalui halaman pengaturan System Preferences » Users & Groups.

Sekarang Anda siap mengaktifkan guest account. Manfaat guest account bukan saja melindungi dokumen Anda, tetapi juga bisa membantu proses pelacakan saat MacBook hilang. Pada Mountain Lion, Apple memperkenalkan Find My Mac yang berfungsi serupa dengan Find My iPhone. Satu-satunya cara agar lokasi MacBook bisa diketahui adalah mengizinkan sang pencuri menggunakan Internet melalui guest account. Semakin banyak alasan untuk mengaktifkan guest account bukan?

Untuk mengaktifkan guest account, Anda perlu membuka halaman pengaturan di mana Anda memasang password buat akun pribadimu. Seharusnya Anda bisa melihat sebuah pilihan Guest user yang masih berwarna abu-abu. Anda mau mengaktifkan bagian tersebut. Mengubah pengaturan guest account membutuhkan akses administrator di mana Anda dapat peroleh dengan membuka gembok di sisi kiri bawah. Masukkan password administrator yang sudah Anda pasang sebelumnya untuk melindungi Mac, kemudian pilihan «Unlock».

Centang “Allow guests to log in to this computer”. Dengan dinyalakan pilihan ini, sekarang siapapun bisa menggunakan Mac Anda dengan batas akses yang minim. Semua dokumen yang diunduh dan dibuat oleh guest akan dihapus setiap mereka log out, menjadikan Mac bebas dari dokumen tidak penting.

Pembatasan tambahan bisa Anda terapkan pada halaman Parental Controls. Fungsi pengaturan ini sebenarnya dirancang bagi pemilik yang meminjamkan Mac ke anak-anak di rumah, namun tidak menginginkan mereka menggunakan beberapa aplikasi, ataupun mengakses situs-situs tertentu. Akan tetapi, pilihan ini bisa Anda terapkan juga bagi guest sehingga mereka tidak bisa seenaknya menggunakan guest account. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda atur pada halaman pengaturan Parental Controls:

  • Panel Apps mengizinkan Anda membatasi aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan oleh guest. Simple Finder menyederhanakan cara pengguna Finder, cocok bagi anak kecil. Sedangkan pilihan lain berupa aplikasi dan helper, proses latar belakang yang biasanya tidak kelihatan. Biasanya Anda tidak perlu mengubah apapun buat guest account, namun untuk memperketat keamanan, Anda bisa menyalakan Safari dan mematikan aplikasi-aplikasi penting lainnya.
  • Panel Web membantu Anda mengendalikan situs-situs mana saja yang bisa diakses. Anda bisa memilih “Try to limit access to adult websites automatically” sehingga guest tidak bisa membuka situs yang aneh-aneh. Pilihan lain adalah menentukan situs-situs yang boleh diakses pada daftar “Allow access to only these websites”.
  • Panel People membatasi orang-orang yang bisa dihubungi guest. Ini lebih dirancang buat akun khusus. Jadi tidak ada yang perlu diatur pada halaman ini.
  • Panel Time Limits menentukan kapan dan durasi Mac bisa digunakan. Anda hanya bisa menentukan durasi pada 2 jenis waktu, weekdays dan weekend. Kalau Anda ingin membatasi berapa lama Mac bisa dipinjam, meskipun Anda tidak di tempat, halaman ini adalah tempat pengaturannya.
  • Panel Other meliputi pengaturan fitur-fitur lain di OS X seperti: Dictation, Dictionary, printer, dan burning CD serta DVD.
Kecuali Anda memang ingin mengendalikan bagaimana guest menggunakan Mac, biasanya, pengaturan-pengaturan di atas tidak perlu disentuh sama sekali. Meskipun demikian, memahami cara kerja setiap pengaturan akan mempermudah proses pembatasan fitur bila memang diperlukan.

Editor : MakeMac

Latest