Follow Us

Permanent: Aplikasi Spreadsheet Canggih dan Indah di iPad

Sayz Lim - Kamis, 09 Mei 2013 | 15:17
Permanent: Aplikasi Spreadsheet Canggih dan Indah di iPad

Bekerja dengan data tidak lepas dari aplikasi spreadsheet. Di Windows dan Mac, pasar aplikasi spreadsheet didominasi oleh Microsoft Excel. Jumlah pengguna yang jatuh hati dengan Numbers, aplikasi spreadsheet buatan Apple, juga tidak sedikit. Namun aplikasi yang benar-benar stabil dan cepat untuk mengerjakan spreadsheet di iOS masih sangat sedikit, dan biasanya tidak mempunyai tampilan yang intuitif.

Perkenalkan Permanent, sebuah aplikasi spreadsheet dengan antarmuka indah dan bersahabat. Saya sudah mencoba Permanent sejak beberapa bulan lalu dan belum siap mengulasnya karena beberapa keterbatasan aplikasi di versi awal. Namun update terbaru yang dikeluarkan oleh Permanent dua hari lalu mengubah pendapat saya terhadap aplikasi yang satu ini.

Tidak seperti aplikasi spreadsheet yang kamu temukan di pasar saat ini, Permanent mempunyai tampilan yang terpadu baik dengan iPad. Kamu akan menemukan proses mempelajari Permanent relatif lebih cepat jika dibandingkan aplikasi lainnya. Hal ini bisa kamu rasakan ketika menjalankan Permament untuk pertama kalinya. Kumpulan dokumen ditampilkan dalam dua jenis tampilan, yaitu dalam list view atau icon view. Bagi yang mempunyai banyak dokumen, maka pencarian bisa menggunakan list view. Dengan bertambahnya dokumen, kamu dapat memanfaatkan favorites dalam menyaring dokumen di depan halaman.

Menambahkan dokumen baru hanya perlu menekan lambang plus di sisi kanan atas. Ia akan membuatkan sebuah dokumen baru di mana kamu bisa memasukkan judul, deskripsi, dan pelabelan dalam mempermudah pencarian. Tapi yang paling penting dalam spreadsheet tentu saja adalah formula dan proses memasukkan data.

Permanent mempunyai pendekatan yang sederhana dalam menyediakan perintah di layar iPad yang kecil ini. Perintah-perintah ditampilkan berdasarkan hierarki elemen yang disentuh — tidak ada lagi ratusan tombol yang memenuhi layar. Jadi pada saat kamu menyentuh kolom, maka navigasi di bagian atas akan menampilkan semua perintah yang berhubungan dengan kolom, misalnya menyisipkan kolom baru. Kalau kamu memilih sheet, maka perintah undo akan ditampilkan. Hanya membutuhkan pemakaian sebentar untuk mengetahui perintah-perintah yang terdapat dalam Permanent.

Bagaimana dengan proses memasukkan data? Versi Permanent yang diulas saya saat ini memang mempunyai awalan yang baik dalam soal keintuitifan. Memasukkan data cukup menekan sel yang diinginkan sebanyak dua kali. Permanent mempunyai dua jenis keyboard custom yang mempermudah perpindahan sel dan pemasukan angka.

Tapi soal kemampuan memasukkan formula masih termasuk rumit, terutama bagi pengguna yang terbiasa dengan kemudahan input data menggunakan Excel atau Numbers. Kamu tidak bisa menyalin formula sebuah sel ke sel lainnya dengan dragging. Satu-satunya cara untuk memasukkan data yang banyak sekaligus adalah mempelajari cara scripting LUA di mana akan menjadi sangat berguna bila sudah dikuasai.

Editor : MakeMac

Latest