Follow Us

Embubbled: Etudes Adalah Game Puzzle Yang Bikin Kepala Saya Botak

Hendra Saputra - Kamis, 23 Mei 2013 | 15:55
Embubbled: Etudes Adalah Game Puzzle Yang Bikin Kepala Saya Botak

Bermain game itu seharusnya menyenangkan, tapi kadang bermain game juga bisa jadi memusingkan bila tingkat kesulitannya terlalu tinggi. Game-game di iOS sendiri harusnya hadir dengan tingkat kasualitas yang tinggi sehingga bisa menghibur, menyenangkan dan menghasilkan sesuatu – kamu tahu maksud saya.

Namun tampaknya konsep tersebut tidak berlaku buat Otizito LLC selaku pengembang Embubbled: Etudes, game puzzle di iOS yang paling memusingkan buat saya.

Game bertemakan puzzle ini tidak hanya memusingkan saya ketika harus menyelesaikan stage-stage yang ada, tapi juga sudah memusingkan di awal permainan. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan atau tujuan saya dengan biji-biji yang terkurung di dalam bubble. Tidak ada tutorial lebih dulu.

Saya baru mengerti setelah beberapa saat mencoba, ternyata saya baru tahu kalau saya harus membebaskan setiap biji yang ada, dan memecahkan semua bubble. Bagaimana cara memecahkannya? Menggabungkan 4 buah biji ke dalam 1 bubble.

Kedengarannya mudah? Memang. Tapi bila sudah mencapai stage tertentu, saya jamin rambut kamu akan kribo mendadak. Kamu harus menggabungkan ilmu strategi yang kamu miliki, matematika untuk menghitung, dan rumur perbandingan.

Strategi

Lihat posisi bubble dan biji-biji berikut

Jika kamu memindahkan sebuah biji ke dalam bubble tertentu, dan membentuk 4 biji, bubble akan pecah. Biji itu pun akan bertebaran ke 4 arah (atas, bawah, kiri dan kanan). Kamu harus membuat biji-biji tersebut, yang terlontar, masuk ke dalam bubble yang tersedia agar menimbulkan chain effect atau efek berantai.

Keadaan semakin buruk saja ketika kamu diharuskan untuk memecahkan semua bubble yang ada dalam 1 langkah saja.

Di sini lah ilmu strategi kamu diuji, bagaimana semua bubble tersebut bisa pecah dengan 1 kali langkah jalan saja.

Rumus Matematika

Jujur saja, sewaktu SD saya sangat membenci matematika. Karena selain gurunya galak, pelajarannya juga kadang sangat membingungkan. Namun memainkan game ini, saya harus menghitung habis-habisan agar bisa memaksimalkan strategi yang sudah saya buat.

Editor : MakeMac

Latest