Follow Us

BitTorrent Sync: Sinkronisasi File Peer-To-Peer Pengganti Dropbox

Kuswanto - Jumat, 24 Mei 2013 | 22:48
BitTorrent Sync: Sinkronisasi File Peer-To-Peer Pengganti Dropbox

Cloud, jargon yang seringkali kita dengar saat ini. Entah ada berapa banyak jumlah layanan cloud yang menjanjikan kemudahan pengiriman dan sinkornisasi file.

Salah satu layanan cloud storage yang populer adalah Dropbox. Dengan Dropbox pengguna dapat saling mengirim file ke pengguna lainnya hanya dengan drag-n-drop file.

Kelemahan dari Dropbox, para pengguna harus mendaftar dan mendapatkan kuota sesuai dengan paket langganan yang diambil. Bagi pengguna yang gratis mendapatkan 2GB.

Bagi yang menginginkan sinkronisasi bebas tanpa kuota, kamu bisa memakai BitTorrent Sync. Inovasi baru yang dibuat oleh BitTorrent, memungkinkan pengguna BitTorrent Sync berbagi file dengan banyak komputer sekaligus tanpa membutuhkan server sebagai middle man.

Cara Kerja BitTorrent Sync

Seperti halnya file BitTorrent biasa, koneksinya menggunakan sistem peer-to-peer atau komputer ke komputer. Artinya, untuk memakai BitTorrent Sync, tidak dibutuhkan terhubung ke Internet. Kamu bisa menggunakan BitTorrent Sync hanya dengan jaringan lokal.

Untuk berbagi file menggunakan BitTorrent membutuhkan secret key yang terhubung ke folder yang dishare. Secret key tersebutlah yang dibagikan kepada temanmu.

Terdapat 3 jenis secret key berdasarkan perizinan:

  1. Master Secret: akses penuh kepada folder yang dibagi. Pengguna yang mempunyai secret key dapat menambahkan, mengedit, atau menghapus file yang ada di dalamnya.
  2. Read only secret: Jenis ini digunakan untuk pengguna yang hanya bisa melihat. Pengguna yang mendapatkan kunci ini tidak akan bisa menambahkan atau menghapus file di dalam folder yang dibagikan.
  3. One-time secret: Secret key ini hanya berlaku dalam waktu 24 jam, setelah masa lewat 24 jam secret tersebut akan hangus.
Dengan perizinan yang lentur, kamu bisa mengatur otoritas akses file atau folder tertentu yang kamu inginkan. Pertukaran data antara pengguna terenkripsi menggunkan AES cypher dan 256-bit key.

Bagaimana apabila suatu file dihapus? File yang terhapus akan hilang dari semua komputer, terkecuali diatur setingan supaya file yang dihapus tidak masuk ke Trash.

Cara Berbagi File

Ketika pertama kali menyalakan BitTorrent Sync, kamu akan ditanyakan apakah mau berbagi atau mempunyai secret key. Setelah memilih, pada tahap selanjutnya kamu harus memilih folder yang diinginkan. Setiap Secret Key terkait untuk satu folder utama, folder didalamnya akan ikut tersinkronisasi.

Apabila kamu ingin berbagi folder lain, kamu bisa menambahkannya melalui jendela preference, kemudian ke tab Folders dan klik tombol plus. Kamu akan diberikan kembali secret key baru yang berbeda dari sebelumnya.

BitTorrent Sync dapat sinkronisasi file apapun tanpa ada batas ukuran. Kamu bisa sinkronisasi file ukuran bergiga-giga. Batasannya hanya jumlah bandwidth dan ukuran hard disk kamu.

Editor : MakeMac

Latest