Follow Us

LimeLight: Aplikasi Perpustakaan dan Penilaian Film yang Sosial

Kuswanto - Minggu, 26 Mei 2013 | 23:15
LimeLight: Aplikasi Perpustakaan dan Penilaian Film yang Sosial

Walaupun musim di Indonesia tidak kunjung menentu, yang pasti bagi di Amerika Serikat, musim panas hampir tiba. Akan bermunculan film-film box office yang dapat membuatmu ketagihan nonton di bioskop.

Saya sendiri agak kesusahan menghapal film-film yang ingin saya tonton, apalagi mengatur jadwalnya berdasarkan tanggal rilis filmnya. Biasanya film yang ingin saya tonton dimasukan ke Wunderlist. Tapi, membuat daftar film di Wunderlist malah terasa terlalu menuntut.

Ada aplikasi iOS baru bernama Limelight. Sekarang saya memakainya untuk memantau film-film yang ingin saya tonton. Bahkan untuk film-film yang baru beredar tahun depan.

Antarmuka Yang Sederhana dan Mengena

Antarmukanya sangat sederhana, tabs yang baisanya berada di bawah digantikan menjadi icon (sangat) kecil yang berada di bawah judul. Ketika pertama kali menggunakannya, saya butuh beberapa lama untuk memahami apa arti icon tersebut. Selain itu, icon lainnya merupakan simbol-simbol yang standar yang sering kita jumpai.

Limelight terbagi menjadi dua bagian besar. Layar Library, tempat kumpulan film dan data film-film yang nantinya akan kamu masukan ke dalam Library.

Film-film ditampilkan dalam format poster yang terlihat indah. Film yang belum beredar dan telah mempunyai tanggal rilis ditandai dengan pita kalender.

Fitur: Tambahkan, Tonton Kemudian Review

Ketika kamu menjalankan Limelight, akan diminta untuk membuat akun dan tentunya layar Library punyamu akan kosong. Kamu harus menambahkan film ke dalam Library kamu. Library terbagi menjadi dua bagian: To Watch dan Watched. Pasti ngerti lah apa artinya ya…

Di situlah kegunaan Limelight. Film yang belum beredar atau belum kamu tonton, dimasukan ke dalam daftar To Watch. Film yang sudah kamu tonton dimasukan ke dalam Watched. Apabila Kamu sudah menonton film tersebut, tap tombol “Share” kemudian pilih tombol “I Have Seen This”, selanjutnya akan diminta untuk rating (tahap ini bisa dilewat).

Dengan fitur sharing review, Limelight ingin menjadi sebuah aplikasi film yang sosial. Mungkin fitur inilah yang bakal menjadi saingan MovReak. Walapun fitur review dan sosial Limelight tidak melalui aplikasinya. Tentunya kalau hanya review saja tidaklah cukup, kamu bisa ikuti pengguna Limelight lainnya untuk melihat film apa saja yang akan atau telah mereka tonton.

Kamu juga bisa membagikan library Limelight kepada teman-temanmu. Profil Limelight bisa diakses melalui URL mylimelig.jt/nicknamekamu. Pada halaman ditampilkan juga rating setiap film yang telah kamu tonton. Yah, hitung-hitung menjadi kritikus film kecil-kecilan, lah.

Data Film Lengkap

Data-data film yang ditampilkan oleh Limelight cukup lengkap.

Pada halaman pertama terdapat video trailer yang ditampilkan cukup manis dan mencolok. Terdapat rating, agak kurang jelas darimana rating ini berasal, mungkin dari Rotten Tomatoes. Terakhir dibawahnya terdapat sinopsis filmnya.

Editor : Kuswanto

Latest