Follow Us

Inilah Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Memecahkan Layar iPhone 5 Milikmu

Hendra Saputra - Senin, 27 Mei 2013 | 14:00
Inilah Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Memecahkan Layar iPhone 5 Milikmu

Bila kamu adalah pengguna iPhone 5, jangan sampai layar perangkatmu tersebut pecah karena, menurut berita yang kami kutip dari Marketwatch, kamu harus membayar sebesar $230 (2 juta rupiah lebih) untuk memperbaiki layarmu tersebut.

Sebagai informasi, iPhone 5 di US dihargai $199 (kontrak provider) dan $649 (non-kontrak provider).

Hal ini menurut mereka disebabkan oleh harga komponen yang sangat mahal. Mereka juga mengatakan bahwa beberapa tempat perbaikan non-resmi di US bahkan menolak memperbaiki iPhone 5 terkait mahalnya komponen tersebut. Salah satunya adalah ComputerOverhauls.com.

“Due to the high cost of replacement parts, we are not yet offering iPhone 5 repairs,”

Mahalnya harga perbaikan iPhone 5 ini sendiri menurut Jeff Haynes (TechBargains.com) adalah salah satu bagian dari strategi Apple, untuk mewajibkan konsumennya terdaftar dengan Apple Care ($99). Bila kamu terdaftar ke dalam layanan tersebut, kamu hanya diharuskan membayar sebesar $49 saja untuk memperbaiki layar.

Hal ini juga tidak lepas dari kontrol ketat Apple terhadap produk-produknya.

“Apple controls everything from the manufacturing to the gear for the iPhone 5,”

“Apple is trying to get people to sign up for Apple Care for $99 and to rely on their services at the Apple store,” he says, “If you don’t, that cracked screen could cost you at least $230.”

Meskipun harga yang dipatok untuk memperbaiki iPhone 5 lebih mahal, tapi langkah-langkahnya diketahui lebih mudah daripada memperbaiki iPhone 4. Menurut AJ Forsythe dari iCracked, layar iPhone 4 memiliki 27 baut dan 3 lapisan layar sedangkan iPhone 5, hanya memiliki 5 baut dan 2 lapisan layar.

Dulu, saya pernah memperbaiki iPhone 3G saya di tempat servis non-resmi. Harganya memang tidak semahal yang sudah banyak disebutkan, tapi ternyata saya tidak mendapatkan layar dengan kualitas yang sama dengan layar bawaan iPhone 3G. Warna layar terasa lebih kuning.

Pengalaman saya sendiri mungkin bisa juga terjadi kepadamu jika kamu memutuskan untuk memperbaiki iPhone 5 di tempat servis non-resmi. Bisa saja layar iPhone 5 kamu yang tadinya berkualitas wahid, menjadi buruk sekali dengan kamu memilih tempat servis dengan harga yang lebih murah. Hal tersebut tentu saja akan memicu pengalaman buruk kamu dalam menggunakan iPhone 5.

Solusi dari segala kejadian buruk tersebut hanya satu: berhati-hatilah menggunakan iPhone 5. Jangan sampai faktor human error menjadi penyebab rusak/pecahnya layar iPhone 5 kita.

Editor : Hendra Saputra

Latest