Follow Us

Sharing With Duckie Deck: Ajarkan Makna Berbagi Kepada Anak-Anak

Sayz Lim - Senin, 03 Juni 2013 | 12:50
Sharing With Duckie Deck: Ajarkan Makna Berbagi Kepada Anak-Anak

Sulit menemukan aplikasi edukasi yang bebas dari IAP saat ini. Itu baru salah satu kendala. Kendala lainnya adalah soal kualitas aplikasi. Kedua hal saya rasakan ketika ingin memasukkan permainan interaktif buat keponakanku yang berumur 2 tahun.

Saya selalu menganjurkan orang-orang selalu selektif saat memasukkan aplikasi di iPad. Anda tentu saja tidak menginginkan anak Anda terbiasa melihat dan mendengarkan sebuah aplikasi dengan kualitas rendah bukan?

Beberapa hari lalu saya menemukan sebuah aplikasi gratis buat anak pre-school. Saya harus mengakui bahwa Sharing with Duckie Deck merupakan salah satu aplikasi yang pantas mendapatkan tempat di home screen buat menemani anak-anak Anda yang masih berumur 2–5 tahun. Aplikasi ini memperkenalkan sebuah konsep sederhana dalam proses pembelajaran yaitu saling berbagi.

Kumpulan Permainan Menarik

Sharing with Duckie Deck mempunyai enam permainan dalam satu aplikasi. Setiap aplikasi mengandung unsur pendidikan yang bisa membuat anak-anak merasa bahagia saat berbagi dengan teman-temannya — karakter dalam permainan. Sebut saja salah satu permainan bernama Goodies yang menuntut anak memotong berbagai jenis makanan — coklat, apel, dan kue — buat dibagikan ke teman-temannya. Yang kebagian akan menunjukkan ekspresi senyum, dan saat ada anak yang tidak kebagian ketika semua makanan sudah dibagikan, maka anak Anda akan menemukan ekspresi sedih di tampang karakter dalam permainan. Pada saat inilah Anda dapat dengan sabar menjelaskan bahwa temannya menjadi sedih karena tidak kebagian. Sungguh menarik bukan?

Anda juga dapat melatih kemampuan motorik anak dengan memainkan permainan menggambar dan mewarnai. Anak Anda dapat memilih sebuah gambar dan Duckie Deck akan menuntun anak menggoreskan garis demi garis sampai gambar akhir selesai. Tidak dibutuhkan presisi yang akurat supaya gambar menjadi bagus. Duckie Deck akan menyesuaikannya selama goresan mirip dengan yang ditampilkan. Setelah selesai, palet warna akan melengkapi gambar yang baru diselesaikan.

Untuk menghargai usaha anak-anak, Duckie Deck menyediakan stiker (atau badge) setiap kali mereka menyelesaikan sebuah permainan. Kumpulan badge akan disimpan pada laci di sebelah kanan layar. Akan tetapi, saya kurang memahami sistem penentuan badge yang diberikan. Apakah ia dikeluarkan secara acak, atau membutuhkan kriteria tertentu. Meskipun tidak begitu penting, saya tetap penasaran dengan bagaimana Duckie Deck menentukan hadiah yang diberikan.

Setiap permainan dirancang agar bisa dimainkan secara bersama, baik dengan orang tua ataupun dengan anak-anak yang lain. Ia akan mengajarkan kepada anak-anak bahwa membangun sesuatu bersama jauh lebih menyenangkan daripada membangunnya sendiri.

Antarmuka Intuitif dan Interaktif

Anda jangan merasa heran ketika melihat Sharing with Duckie Deck tidak dilengkapi dengan tulisan. Satu-satunya halaman yang mengandung tulisan adalah halaman For Parents dengan penjelasan makna dari setiap permainan.

Tutorial permainan ditunjukkan dengan demonstrasi langsung apa yang bisa dipindahkan melalui animasi. Dengan mempertimbangkan kemampuan anak pre-school yang sedang dalam tahap meniru lingkungan, ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri Duckie Deck. Objek-objek yang berada di latar belakang biasanya bisa ditekan dan menunjukkan efek berbeda-beda. Misalnya saat memilih pohon di jendela, maka angin akan berhembus dan membuat pohon melambai-lambai.

Editor : Sayz Lim

Latest