Follow Us

Flavours: Memberikan Cita Rasa Baru Tampilan OS X

Kuswanto - Kamis, 06 Juni 2013 | 13:17
Flavours: Memberikan Cita Rasa Baru Tampilan OS X

Ketika pertama kali saya memakai Tiger OS X, antarmuka brushed metal sangat mengganggu. Pada saat itu merupakan kejayaan kostumisasi antarmuka OS X. Hampir semua komponen antar muka dapat diubah-ubah, seperti mengubah skin brushed metal atau strip yang saat itu memang banyak kurang suka, icon aplikasi, folder, bahkan icon toolbar dapat diubah dengan mudah menggunakan aplikasi bernama ShapeShifter dengan themenya yang tersebar diseantero Internet.

Ketika Leopard di luncurkan, masih memungkin mengubah tampilan, dengan bantuan aplikasi bernama Magnifique. Sayangnya Magnifique dihentikan pengembangannya ketika Snow Leopard muncul menggantikan Leopard.

Mulailah masa-masa kegelepan kostumisasi tampilan OS X yang dulu sempat ngetrend dan membuat banyak desainer user interface beken, seperti David Lanham, Louie Mantia dan Max Rudberg yang dulu sering menyumbangkan theme OS X dan icon yang keren.

Bahkan ketika Lion dengan benteng GateKeeper yang tebal membuat kostumisasi theme menjadi tidak memungkinkan, bahkan untuk mengganti icon aplikasi dari App Store.

Bagi yang suka dengan kostumisasi, ada aplikasi baru yang menyinari masa kegelapan. Bernama Flavours, mampu menerangi kembali masa-masa kegelapan kostumisasi.

Flavours mendukung Lion dan Mountain Lion, sayangnya tidak mendukung OS X sebelumnya, dikarenakan perbedaan arsitektur sistem. Memakai retina display, jangan takut, Flavours mendukung mesin retina juga.

Bagaikan Es Krim Dengan Toping Berbeda

Bagi yang belum pernah merasakan theming di OS X, mungkin sedikit meragukan apa bagusnya mengganti antarmuka yang sudah terlihat indah dengan tampilan baru.

Steve Jobs sangat menyukai tekstur, itulah kenapa pada OS X versi 10.4 mempunyai teksture metal dan garis-garis seperti kertas. Tekstur memberikan koneksi antar ingatan emosi dengan antar muka di layar melalui pengelihatan. Ketika suatu theme yang mempunyai tekstur kayu, akan terasa seperti sebuah pengalaman baru, OS X baru yang menyegarkan.

Flavours bagaikan sebuah es krim yang mempunyai warna dan rasa yang berbeda. Saat ini Flavours mampu mengubah tampilan OS X tergantung dari tema yang dibuat, seperti; bagian toolbar, menu, logo Apple, Spotlight, tombol dan komponen dasar lainnya. Beberapa tema menyediakan Wallpaper sendiri dan tema Firefox.

Cara penggunaan

Ketika pertama kali membuka Flavours akan muncul sebuah jendela kecil dengan slider On/Off pada bagian atas. Ketika sebuah tema diterapkan, Flavours akan otomatis menyala, apabila ingin kembali ke tema standar OS X tinggal matikan menggesernya ke Off tersebut.

Setiap kali menerapkan tema, Flavours mengharuskan kamu untuk log-out terlebih dahulu. Proses log-out wajib dilakukan supaya tema bisa diterapkan secara menyeluruh.

Editor : MakeMac

Latest