Follow Us

Lihat Lebih Dalam Teknologi Canggih OS X Mavericks

Sayz Lim - Rabu, 12 Juni 2013 | 13:47
Lihat Lebih Dalam Teknologi Canggih OS X Mavericks

I want it to be as beautiful as possible, even if it’s inside the box. A great carpenter isn’t going to use lousy wood for the back of a cabinet, even though nobody’s going to see it. รขโ‚ฌโ€ Steve Jobs

Hanya karena tidak terlihat, bukan berarti bisa dikerjakan secara sembarangan.

Kutipan Steve Jobs di atas menggambarkan penyampaian produk-produk Apple seperti MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Pro. Keindahan bagian dalam juga terlihat pada isi iPhone dan iPad. Tetapi hal tersebut juga tercerminkan saat Apple merancang OS X. Sebenarnya teknologi apa saja yang diperkenalkan pada OS X Mavericks?

Timer Coalescing

Mac bisa menghabiskan baterai dengan cepat apabila banyak proses liar yang berjalan. Proses yang liar juga bisa membuat Mac menjadi lambat. Menjalankan Activity Monitor akan menampilkan semua proses yang sedang aktif.

Setiap aplikasi yang aktif selalu mempunyai beberapa proses yang berjalan secara aktif. Tugasnya bisa berbeda-beda. Twitter for Mac melakukan refresh setiap beberapa saat untuk menampilkan tweet baru. Mail mengunduh email baru dari server. Battery Time Remaining mengirimkan notifikasi saat baterai mencapai persentase tertentu. Semua itu terjadi di latar belakang tanpa sepengetahuanmu.

Proses-proses di atas selalu memanggil prosesor terlebih dahulu agar bisa bekerja. Prosesor yang berada dalam keadaan tidur (disebut juga dengan istilah idle) akan memasuki keadaan active begitu dipanggil. Kejadian ini membutuhkan kekuatan CPU. Grafik di bawah menggambarkan alur yang sering ditemukan pada sistem operasi saat ini.

Kalau diperhatikan secara seksama, maka hampir setiap saat aplikasi memanggil prosesor sehingga idle time menjadi singkat. Perilaku ini bisa menguras baterai Mac secara cepat. Ilustrasi sederhana adalah orang yang dibangun sebentar-sebentar ketika istirahat. Alhasil, orang tersebut menjadi cepat letih seperti baterai yang cepat habis.

Yang dilakukan oleh Apple di OS X Mavericks cukup sederhana. Mereka mengelompokkan proses-proses yang berdekatan supaya dipanggil secara bersamaan sehingga idle time bisa menjadi semakin lama dan jumlah pemanggilan menjadi semakin sedikit, seperti yang terlihat pada grafik di bawah.

Menurut Apple, penerapan Timer Coalescing di OS X Mavericks mampu mengurangi kegiatan CPU sampai 72 persen. Ini berarti prosesor semakin jarang bekerja dan baterai pun bisa bertahan lebih lama.

Halaman Selanjutnya

App Nap
1 2 3

Editor : MakeMac

Latest