Follow Us

Cara Membuat Video Viral di Mac Dengan Teknik Speech Composing

Eka Gustiwana - Jumat, 26 Juli 2013 | 17:02
Cara Membuat Video Viral di Mac Dengan Teknik Speech Composing

Menggunakan Mac untuk memproduksi musik adalah aktivitas sehari-hari saya. Sistem operasinya yang stabil menjadi alasan utama buat saya menggunakannya. iMac sendiri adalah jantung studio pribadi saya saat ini. Ia saya sambungkan dengan beragam perangkat rekaman lainnya.

Akhir-akhir ini mungkin kamu sering mendengar perihal “Speech Composing” di beberapa media. Ya, perkenalkan nama saya Eka Gustiwana, dalang di balik semua Speech Composing Arya Wiguna (Demi Tuhaaan!), Jeremy Teti (BBM Campuran), Deddy Corbuzier (Ngaca Dulu Deh), dan lainnya.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, “Speech Composing” adalah sebuah proses kreativitas yang mengubah pidato/perkataan seseorang menjadi sebuah nyanyian, dengan memasukkan nada-nada tertentu ke dalamnya sehingga kata-kata tersebut seolah dinyanyikan sendiri oleh sang objek.

Dan pada kesempatan ini saya ingin membagikan sedikit langkah kerja saya dalam memproduksi musik, dalam hal ini “Speech Composing”.

Adapun beberapa software yang saya gunakan untuk berproduksi adalah:

Dan skill yang kamu butuhkan, adalah (Diurutkan mulai dari yang terpenting):

  • Music composing
  • Audio editing
  • Music arranging
  • Music post-production (mixing & mastering)
  • Video editing
Okay, dari situ mungkin kamu sudah mulai menganggap kalau proses Speech Composing bukanlah sesuatu yang instan. Kalau ada yang bilang Speech Composing itu seperti proses ‘potong-tempel’ dia jelas salah besar. Speech Composing mengandung unsur seni yang sangat kental, beda tangan beda taste. Sama seperti karya seni lainnya.

Berikut ini tahapannya:

1. Pencarian Ide dan Video

Pertama-tama tentukan siapa objek yang kamu buat versi Speech Composingnya. Objek itu bisa saja rekan kamu, sahabat kamu yang ingin kamu berikan surprise, publik figur ataupun lainnya. Temukan video mentah sang objek, boleh satu boleh pula lebih dari satu. Cobalah analisa apakah video tersebut punya keunikan yang bisa diangkat menjadi lagu.

2. Edit Vokal

Lakukan import video ke DAW favorit Anda – saya menggunakan Presonus Studio One for Mac. Extract audio dalam video tersebut jadi track audio DAW yang kamu pakai. Nah, pada tahap inilah kamu akan mengkreasikan suara sang objek.

Editor : MakeMac

Latest