Follow Us

6 Tips Ampuh Menghapus File Other di iPhone & iPad

Hendra Saputra - Kamis, 15 Agustus 2013 | 18:35
6 Tips Ampuh Menghapus File Other di iPhone & iPad

Sebelumnya kami pernah membahas penggunaan PhoneClean untuk melakukan delete file others di iPhone dan iPad. Tapi mungkin beberapa dari kamu masih ada saja yang kurang puas dengan cara itu, benar?

Berikut, kamu bisa ikuti 6 langkah singkat ini buat mengoptimalkan penghapusan file others:

1. Hapus dan Pasang Ulang Aplikasi Dengan Data Berlebih

Ukuran aplikasi ketika kita pertama kali mengunduhnya mungkin tidak terlalu besar. Tapi seiring berjalannya waktu dan pemakaian, data-data yang ada di dalamnya bisa membengkak. Data aplikasi itu sendiri kemudian dikategorikan sebagai Others oleh iTunes.

Lakukanlah pemeriksaan dengan mengakses Settings > General > Usage, dan lihat aplikasi mana yang memiliki data paling banyak. Jika sudah, hapuslah dan install ulang aplikasi tersebut.

Perlu diingat, dengan menghapus aplikasi tersebut, kamu akan kehilangan data-data di dalamnya. Jadi pastikan bila aplikasi tersebut penting buatmu, pikir 2 kali sebelum menghapusnya.

2. Hapuslah Pesan Terpanjang di Messages

Pesan yang terlampau besar, dengan banyak konten media di dalamnya, akan menghabiskan storagemu.

Periksa kembali pesan-pesan tersebut, dan kemudian sortir satu persatu. Temukan pesan mana yang tidak lagi relevan – dan memiliki thread panjang serta banyak konten – dan hapus pesan tersebut.

Kebiasaan untuk mengirim gambar dan lainnya lewat iMessages, bisa menghabiskan storagemu. Jadi jika ingin berkirim gambar, ada baiknya jika kamu menggunakan aplikasi pendukung macam Droplr.

3. Bersihkan Cookies, Data, dan History Safari

Kita tidak bisa mengganti peramban (browser) default kita di iOS. Karena hal tersebut, mau tidak mau, kita pasti menggunakan Safari untuk menjelajah di internet. Hal itu sendiri berakibat pada menumpuknya cookies, data dan history.

Editor : Hendra Saputra

Latest