Follow Us

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Control Center di iOS 7

Hendra Saputra - Rabu, 25 September 2013 | 16:34
Mengenal Fungsi dan Kegunaan Control Center di iOS 7

Salah satu fitur yang paling baru di iOS 7 adalah Control Center. Sebelumnya kami pernah memberikanmu cara untuk menon-aktifkan fitur ini jika kamu sedang ada di dalam aplikasi.

Tapi, tahukah kamu apa itu Control Center yang sebenarnya? Kami akan coba bahas di dalam artikel ini.

Apa Itu Control Center?

Control Center adalah sebuah panel navigasi di iOS 7, yang berfungsi sebagai pengendali dan akses cepat menuju ragam fitur iOS 7. Alih-alih hadir sebagai satu kesatuan dengan Notification Center, Control Center hadir sebagai panel mandiri di bagian bawah layar. Swipe dari bawah ke atas buat memunculkan fitur ini.

Sebagai gambaran, mudahnya, Control Center adalah kotak perkakas sekaligus pintu ke mana saja, bagi semua orang yang menggunakan iOS 7.

Ada Apa Saja di Dalam Control Center?

Seperti kutipan di atas, penjelasan di section ini akan saya kategorikan ke dalam 2, yakni Kotak Perkakas dan Pintu ke Mana Saja.

Yang masuk ke dalam kategori Kotak Perkakas di Control Center sendiri adalah

Airplane Mode
Mengaktifkan Airplane mode kini bisa kamu lakukan langsung dari Control Center. Tidak perlu lagi mengakses Settings > Airplane Mode buat mengkatifkannya.

Wi-Fi
Matikan dan hidupkan Wi-Fi lebih cepat, tapi fitur ini lebih asyik untuk digunakan jika perangkatmu sudah mengingat sebuah Wi-Fi tertentu.

Bluetooth
Hadirnya bluetooth di Control Center adalah kabar baik bagi para pengguna wireless keyboard buat perangkat iOS mereka, setuju?

Do Not Disturb
Sedang tidak ingin diganggu? Tidak perlu khawatir, Do Not Disturb hanya sejauh swipe dari bawah ke atas saja.

Portrait Orientation Lock
Di iOS 6, untuk mengunci orientasi layar, kamu harus menekan home button dua kali lalu mencari fitur ini di halaman sebelahnya. Tapi di iOS 7 tidak lagi. Fitur pengunci tersebut sudah hadir sebagai perkakas di Control Center.

Brightness
Sama dengan Portrait Orientation Lock, untuk iOS 7, akses cepat pengaturan brightness bisa kamu lakukan langsung di Control Center.

Editor : Hendra Saputra

Latest