Follow Us

5 Hal Yang Dilakukan Apple Untuk Mengubah Dunia

Hendra Saputra - Minggu, 08 Desember 2013 | 13:52
5 Hal Yang Dilakukan Apple Untuk Mengubah Dunia

Imagine all the people, living life in peace…

Penggalan lirik lagu Imagine dari John Lennon membuka editorial kali ini. John Lennon menjalankan perannya untuk membuat dunia jadi tempat yang lebih baik. Ia berani bersuara dan membuat perubahan, ia juga berani berdiri dan melawan tirani ketidakteraturan.

Tidak ubahnya dengan Apple.

Apple membuat dunia jadi tempat yang lebih baik dengan apa yang mereka lakukan. Berikut inilah hal-hal yang sudah dilakukan Apple dan berbuntut pada dunia yang lebih baik.

1. Berontak Terhadap Sesuatu Yang Normal/Tidak Benar

Saya rasa kita semua setuju jika Apple, berada satu langkah di depan dari para kompetitornya terkait desain produk. Produk-produk yang lahir, berhasil membawa Apple melesat ke peringkat teratas. Khususnya ketika Steve Jobs kembali lagi ke Apple tahun 1997 silam.

Tentu kamu masih ingat dengan iMac pertama tahun 1997 silam. Saat itu komputer hadir dengan desain yang dipanggil Steve Jobs dengan kata ugly – jika kamu tonton keynotenya di tautan ini, Steve Jobs memamerkan sebuah komputer dengan bentuk yang agak aneh. iMac berbeda. Casing luarnya transparan, membuat orang bisa menengok hingga ke bagian dalam perangkat yang sama indahnya dengan bagian luar. Keyboard dan mousenya sendiri juga berbeda, namun selaras dengan konsep transparan iMac tersebut.

Dari contoh tersebut, terlihat budaya berontak yang diteriakkan Apple. “Berpikir beda, jangan berpikir sama!”

2. Menghadirkan Produk-Produk Revolusioner

Bukankah percuma saja jika sebuah produk yang indah tapi tidak disokong dengan kemampuan serta fungsinya yang memudahkan? Banyak produk yang juga terlihat indah namun fitur-fitur serta fungsinya, ada malah untuk merepotkan kita. Dan Apple merevolusi budaya tersebut dengan merilis OS X, yang semula di sebut dengan Mac OS X.

Awalnya, OS X adalah sistem operasi kembangan yang dibawa Steve Jobs dari NeXT ketika kembali menjabat sebagai iCEO di Apple.

Beberapa tahun kemudian OS X berkembang menjadi iOS, sistem operasi mobile yang pertama kali diperuntukkan buat iPhone. iOS memiliki andil dalam era Post-PC, era yang disebut-sebut Steve Jobs sebagai saat di mana perangkat mobile menggantikan peran PC.

Editor : MakeMac

Latest