Follow Us

Review Yahoo! News Digest: Indah, Sederhana, Terbatas

Hendra Saputra - Kamis, 16 Januari 2014 | 17:28
Review Yahoo! News Digest: Indah, Sederhana, Terbatas

Setelah mencengangkan dunia dengan Yahoo! Weather, kini Yahoo! kembali merilis aplikasi keren lainnya. Sebelumnya apakah kamu ingat bahwa Yahoo! pernah mengakuisisi Summly? Ya, hasil akuisisi itu sudah bisa kita lihat sekarang lewat aplikasi terbaru mereka, Yahoo! News Digest.

Okay, lalu apa itu Yahoo! News Digest? Pada intinya kamu bisa membaca rangkaian berita-berita terkini dari bermacam kategori, dengan lebih mudah dan juga cepat (ingat Zite?), hanya saja, berita-berita terkini yang ingin kamu baca tidak akan muncul kapanpun kamu mau, melainkan, dibagi berdasarkan 2 pembagian waktu; pagi (Morning Digest) dan malam (Evening Digest).

Baca juga: Review Summly: Membaca Ringkasan Berita Dalam Tampilan Yang Menawan

Kamu tidak bisa membaca berita sebelum waktu untuk membaca berita tersebut tiba. Kapan waktunya tiba? Kamu bisa lihat di dalam menu option – ikon bergambar 3 garis saling tumpuk – yang ada di pojok kanan atas halaman depan. Kamu akan melihat sebuah lingkaran bulat di bagian tengah yang menunjukkan kapan kamu bisa membaca berita terbaru. Apabila waktunya belum tiba, kamu bisa membaca berita-berita terdahulu dengan mengakses ikon matahari dan bulan yang berada tepat di bawah jam hitung mundur berukuran besar di menu opsi.

Hal menarik lainnya adalah konten yang hadir. Yahoo! merangkum berita-berita dari berbagai sumber yang ada, dan menyatukannya ke dalam aplikasi ini. Tidak hanya itu, mereka juga melengkapi masing-masing berita dengan berbagai data pendukung seperti foto, video, informasi mengenai subjek/objek yang dibahas via Wikipedia, kicauan di Twitter dan lain-lainnya. Menariknya, Yahoo! mengkurasi secara total tampilan kontennya sehingga pembaca bisa lebih mudah membaca dan mencerna berita yang ada.

Tampilan aplikasi ini sangat ciamik. Animasi perpindahan antar artikel mengingatkan saya terhadap Yahoo! Weather, yang menggunakan konsep animasi yang sama ketika kita berpindah kota. Berada di halaman depan, kita akan disajikan dengan featured news atau berita utama. Kita bisa melakukan tap terhadapnya atau scroll ke bawah untuk melihat berita yang lain. Masing-masing judul di halaman depan sendiri mengandung sumber referensi serta informasi pelengkap apa saja yang ada di dalam artikel. Terhitung, ada 9 artikel baru yang bisa kamu temukan setiap harinya – kamu juga bisa mengetahui berapa banyak artikel yang sudah kamu baca jika kamu scroll lebih dalam. Satu hal lagi, jika 9 artikel di rasa kurang, di bagian paling bawah kamu bisa menemukan Extra News.

Yahoo! melakukan kerja yang luar biasa dengan aplikasi ini. Mereka berhasil membuat sebuah aplikasi berita yang sederhana namun sangat informatif. Sebuah aplikasi berita memang harusnya bisa sangat mudah mempresentasikan apa yang sedang diangkat dan tampilannya, harus sesederhana mungkin supaya pembaca tidak terganggu dengan distraksi yang ada dari hal-hal yang tidak perlu ada. Yahoo! News Digest memenuhi kriteria tersebut. Ia bisa jadi aplikasi yang bisa kamu andalkan sehari-hari.

Baca juga: Yahoo! Weather Sudah Tersedia

Meski begitu, ada kabar buruk bagi para pemegang akun AppleID regional Indonesia. Yahoo! News Digest belum tersedia untuk regional kita, dan untuk mengunduhnya, saya menggunakan akun saya yang lain, yang terdaftar dengan regional Amerika Serikat. Tidak hanya itu, waktu hadirnya konten sendiri disesuaikan dengan zona waktu Amerika Serikat. Dampaknya buat saya, hmm, saya baru bisa baca berita pagi pukul 8 malam (WIB).

Saya pasti mengunduhnya begitu aplikasi ini sudah dibuat lebih optimal untuk regional kita – meski pada kenyataannya saya sudah memilikinya sekarang. Kamu bisa mengunduh Yahoo! News Digest buat iPhone dan iPod touch lewat tautan di bawah ini.

Download ร‚ยท Harga:

Review

Masuk Untuk Baca Review Aplikasi Terbaik Lainnya Oleh MakeMac


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest