Follow Us

Cara Mempercepat Pengiriman File Melalui AirDrop

Lecto - Selasa, 25 Februari 2014 | 10:29
Cara Mempercepat Pengiriman File Melalui AirDrop

Seperti yang kita tahu, AirDrop merupakan fitur besutan Apple untuk melakukan transfer file secara mudah melalui WiFi di OS X. Mungkin para pembaca makemac sudah kerap kali menggunakannya. Tinggal buka finder, pilih menu AirDrop, dan voila! semua OS X yang terhubung ke wifi yang sama akan kelihatan. Transfer file kini semudah drag and drop saja.

Namun sayangnya penggunaan AirDrop ini dirasa lamban untuk transfer file seukuran ratusan megabyte hingga gigabyte. Hal ini disebabkan bukan karena kelemahan aplikasi AirDrop itu sendiri, melainkan berkat keterbatasan jaringan WiFi. Sementara itu AirDrop secara default tidak mendukung transfer file antar OS X yang berada dalam satu jaringan menggunakan kabel. Bagi orang seperti saya yang ingin cepat-cepat – atau tidak sabaran, maka harus ada solusi untuk ini.

Saya mengidamkan kemudahan ala AirDrop namun juga menginginkan pertukaran file yang cepat. Dan saya amat beruntung sekali bahwa ternyata AirDrop bisa disulap menjadi ‘WireDrop’.

WireDrop adalah fitur yang memungkinkan kamu berkirim file layaknya menggunakan AirDrop namun memanfaatkan kabel.

Lakukan 3 langkah berikut di semua Mac yang akan saling bertukar file:

  1. Buka MacOS terminal yang terletak di dalam Applications/Utilities.

  2. Cukup ketikkan 2 perintah berikut ini: sudo defaults write com.apple.NetworkBrowser BrowseAllInterfaces 1

  3. Tekan Return/Enter dan sesudah itu, masukkan perintah ini untuk meluncurkan Finder ulang:

    sudo killall Finder

  4. Tutup terminal kamu

Sesudah melakukan ketiga langkah tersebut di semua OS X yang akan bertukar file, bukalah kembali Finder dan cobalah untuk mengakses menu AirDrop. Sekalipun kamu tidak terhubung ke WiFi, asalkan terhubung ke jaringan yang sama menggunakan kabel, maka dapat dipastikan kamu bisa melihat perangkat Mac lainnya. Bila ternyata belum, lakukan reboot/ restart di semua perangkat Mac, kemudian cobalah kembali. Saya sendiri mengalami di beberapa perangkat Mac saya perlu melakukan restart terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Berbagi File Dengan Pintar Menggunakan AirDrop di iOS 7

Editor : Lecto

Latest