Follow Us

5 Pertanyaan Yang Akan Membuatmu Lebih Mengerti CarPlay

Hendra Saputra - Selasa, 04 Maret 2014 | 20:31
5 Pertanyaan Yang Akan Membuatmu Lebih Mengerti CarPlay

Dunia teknologi sedang gencar-gencarnya membahas tentang CarPlay, fitur terbaru Apple yang baru saja diperkenalkan kemarin, dan diperuntukkan untuk head unit mobil kamu.

Jujur saja saya sangat mengidam-idamkan fitur semacam ini. Meski beberapa produsen sudah menghadirkan fitur serupa, namun CarPlay berbeda. Sederhananya, CarPlay adalah iPhone kita yang bergabung ke dalam mobil.

CarPlay bukan sekedar fitur biasa. Kehadirannya, bisa mengubah persepsi orang dalam memilih mobil, itu yang paling besar.

Apa Itu CarPlay?

Jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu. Dulu, berbekal sebuah tape untuk memutar kaset saja itu sudah cukup untuk ukuran mobil, mungkin yang lebih mewah sudah bisa memutar cakram. Tapi sekarang, hampir semua mobil memiliki panel LCD di bagian depan, yang mendukung fitur layar sentuh.

Sayangnya, layar sentuh yang mereka tawarkan sangat payah. Tidak intuitif dan bahkan tidak jarang membuat saya kesal karena selalu salah mengartikan sentuhan. Mobil bukan barang murah, kenapa fitur tersebut seakan dilupakan?

Dengan kehadiran CarPlay, kekecewaan saya dan mungkin kekecewaan sebagian dari kamu bisa terobati. Apple menawarkan keberadaan iOS di dalam mobil kita.

CarPlay adalah kata yang terlahir dari AirPlay. Apabila kamu bisa menembakkan layar dari Mac atau perangkat iOS kamu ke Apple TV dengan AirPlay, maka konsep CarPlay tidak jauh beda, hanya saja, kamu menembakkan tampilan perangkatmu ke panel LCD mobil kamu.

Fitur yang tadinya bernama iOS in the Car ini tidak dihadirkan untuk mengganti sistem operasi di panel LCD mobil kamu, melainkan, ia hadir untuk melengkapi. CarPlay beraksi bagaikan sebuah layer terpisah dari sistem operasi bawaan mobilmu, yang bisa kamu buka dan tutup sesukamu.

Untuk mengaktifkan CarPlay kamu hanya perlu memasangkan Lightning ke iPhone kamu. Semudah itu. Tapi pastikan jika nanti iPhone kamu sudah menjalankan iOS 7.1 atau versi iOS terbaru ya.

Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Dengan CarPlay?

Memindahkan fitur-fitur di dalam iPhone kita ke mobil. CarPlay memungkinkan kita melakukan banyak sekali hal.

Editor : MakeMac

Latest