Follow Us

Hider 2: Sembunyikan Data di Mac Kamu Dengan Cara Unik

Bagus Hernawan - Jumat, 04 April 2014 | 15:44
Hider 2: Sembunyikan Data di Mac Kamu Dengan Cara Unik

Keamanan data dan privasi pada perangkat komputer terkadang menjadi sesuatu yang sangat penting. Hal tersebut yang mendorong beberapa pengembang untuk membuat aplikasi yang berfungsi menyembunyikan data di komputer atau media penyimpanan eksternal. Kali ini tim MakeMac akan berbagi review aplikasi Hider 2 yang berfungsi menyembunyikan data kamu di perangkat komputer Mac. Aplikasi ini dibandrol dengan harga $ 19.99 di Mac App Store, namun sekarang sedang diskon 50 % untuk promo awal rilis.

Hider 2 yang dibuat oleh grup pengembang bernama MacPaw ini mengusung teknologi enkripsi bernama AES–256 untuk setiap data yang kamu simpan. Dalam proses kerjanya, Hider 2 akan melakukan enkripsi ke file yang kamu pilih dan menyimpannya di tempat yang aman – bahkan Terminal dan Spotlight tidak dapat menemukannya. Saat kamu ingin menggunakan file tersebut, Hider 2 akan melakukan proses dekripsi dan menampilkannya untukmu di Finder.

Mengenal Antarmuka Hider 2

Setelah kamu membeli Hider 2 di Mac App Store, buka aplikasi ini dan kamu akan mendapatkan jendela berisi pengenalan serta tutorial awal. Baca dan pahami informasi yang diberikan di tampilan utama tersebut hingga pada halaman terakhir kamu akan diminta untuk mengisi password. Kamu akan menggunakan password tersebut setiap akan membuka Hider 2 sebagai keamanan. Pastikan kamu membuat password yang aman dan mudah diingat.

Gambar di atas adalah tampilan utama Hider 2. Sisi samping kiri adalah sidebar untuk menampilkan list data dan secure notes yang diamankan oleh Hider 2. Sisi kanan adalah jendela utama untuk menampilkan data atau secure notes yang sudah di pilih di sidebar. Kamu juga bisa melakukan sorting data dengan beberapa mode pada jendela utama seperti berdasarkan waktu ditambahkan, abjad, ukuran, dan beberapa hal lainnya. Pada langkah awal ini saya membuat group untuk data yang akan disimpan di Hider di. Caranya adalah tekan tombol ‘+’ di bagian sidebar, di bawah teks Local Vault.

Menambahkan Data Ke Hider 2

Seperti yang telah dibahas pada bagian awal, Hider 2 bekerja dengan teknik enkripsi AES–256 dan cara yang unik yaitu menyembunyikan file di lokasi yang tidak kita ketahui. Kamu cukup melakukan drag and drop dari Finder ke jendela utama Hider 2 untuk menyembunyikan file tersebut dari Finder. File atau folder tersebut juga bisa langsung kamu masukkan ke group yang telah dibuat dengan cara drag and drop langsung dari Finder ke atas list group. Cara lain memasukkan file atau folder ke Hider 2 adalah menekan tombol ‘+’ di bagian bawah jendela utama Hider 2 kemudian pilih file dari jendela Finder yang tampil.

File atau folder yang berukuran besar akan memerlukan waktu sedikit lama untuk proses hiding. Saya sudah mencobanya pada sebuah folder berukuran 3 GB dan memerlukan waktu sekitar 3 menit untuk menunggu proses tersebut selesai. Menurut saya hal tersebut cukup lama, tapi masih cukup wajar. Saat kamu ingin menampilkan file, tekan knob di sisi kanan nama file tersebut untuk mengubah ke mode visible. Sekarang coba buka Finder, apakah file tersebut sudah dapat kamu akses?

Hider 2 juga mendukung tags seperti pada Finder di OS X. Hider 2 akan menampilkan Tags di sidebar bila terdapat folder yang sebelumnya telah diberi label warna di Finder.

Membuat Secure Notes

Selain menyembunyikan file dan folder, Hider 2 juga memiliki fitur untuk membuat Secure Notes atau catatan yang langsung tersimpan di aplikasi ini. Caranya adalah pada menubar tekan File > New Note atau gunakan shorcut command + n. Setelah itu kamu dapat memberi judul pada Note tersebut dan mengisi catatan tersebut pada jendela utama yang memiliki warna dasar putih. Secure Notes juga bisa dibuat dengan group seperti pada mode mengamankan data dan folder.

Baca Juga: Duplicate Detective: Pencari dan Penghapus File Duplikat di Mac

Menggunakan Bar Assistant

Hider 2 memiliki fitur tambahan yang menurut saya sangat membantu untuk mencari data yang kamu amankan. Fitur ini bernama Bar Assistant yang tampil di status bar OS X. Bar Assitant berbentukk seperti Spotlight, kamu dapat dengan mudah menggunakannya sebagai search tool kepada data yang disimpan di aplikasi ini atau melakukan pengaturan hide.

Cara untuk menampilan Bar Assitant adalah buka pengaturan pada Hider 2 dengan cara tekan Hider 2 > Preferences > General pada menu bar. Berikan checklist pada pilihan Use menu bar assistant untuk menggunakan fitur ini.

Pada mode pengaturan ini kamu juga bisa mengatur shortcut untuk menyembunyikan semua data yang ada di Hider 2 dan shortcut untuk mengunci Hider 2.

Editor : MakeMac

Latest