Follow Us

Review Stache: Visual Bookmark yang Mudah dan Cepat

Bagus Hernawan - Selasa, 10 Juni 2014 | 15:24
Review Stache: Visual Bookmark yang Mudah dan Cepat

Sebagai pengguna aktif internet yang sering membaca atau mencari hal-hal menarik melalui peramban, pasti kamu tahu fitur bookmark. Meskipun membantu, fitur bookmark bawaan peramban pada komputer dan perangkat mobile memiliki beberapa kelemahan. Antaralain tidak menampilkan informasi secara visual yang jelas, melainkan lebih kepada bentuk list. Nah, bila kamu sedang mencari aplikasi bookmark yang mengedepankan tampilan visual, coba gunakan Stache yang tersedia untuk perangkat iOS dan OS X. Tim MakeMac sudah sempat mencoba aplikasi ini selama beberapa waktu lalu, kamu

Stache di OS X

Setelah mengunduh Stache dari Mac App Store seharga $ 6.99, kamu dapat mulai menggunakannya. Tampilan pertama aplikasi akan dimulai dengan panduan singkat yang menjelaskan mengenai cara menggunakan Stache. Setelah itu kamu akan dipandu untuk membuka laman yang digunakan untuk mengunduh Browser Extensions. Instal Extensions tersebut lalu kamu siap menggunakan Stache

Bagaimana cara menambahkan Bookmark ke Stache? Mudah saja, buka halaman yang kamu inginkan di peramban, setelah itu tekan ikon Stache di sebelah kiri url bar. Setelah itu kamu akan mendapatkan notifikasi di OS X bahwa halaman yang kamu inginkan sudah masuk ke bookmark.

Sekarang buka app Stache, bisa melalui folder Application atau ikon Stache di Status Bar. Coba lihat, apakah halaman yang disimpan tadi sudah tampil di Stache?

Tidak cukup hanya menampilkan bookmark dengan visual yang keren, kamu dapat menggunakan fitur tagging untuk setiap halaman yang dimasukkan ke Stache. Cukup tekan ikon < (inspector) yang ada di kanan bawah jendela tampilan untuk membuka detail informasi berisi judul, deskripsi dan tag. Tambahkan tag yang kamu inginkan, bisa berupa sebuah kata ataupun kalimat yang sesuai.

Stache juga mendukung fitur untuk eksport bookmark menjadi sebuah webarchive maupun skrinsut lengkap dari sebuah halaman website. Cara menggunakan 2 fitur ini cukup melalui menubar tekan Bookmark > Export Screenshot ataupun Export Web Archive untuk menyimpannya dalam bentuk file.

Baca Juga:

Stache di iOS

Dari pengalaman yang sudah saya coba, Stache di iOS terasa lebih pas bila dikombinasikan dengan Stache di OSX. Ya, kamu dapat langsung melakukan sinkronisasi dengan mudah karena Stache menggunakan akun iCloud milikmu untuk melakukan hal tersebut.

Namun bila baru membeli Stache di iOS, ikuti panduan untuk menginstal Bookmarklet di iOS secara manual yang sudah diberikan oleh sang pengembang. Cara mudah untuk membuka Bookmarklet dari aplikasi Stache di iOS adalah masuk ke menu setting, pilih bagian support lalu klik teks Add Bookmarklet.

Cara yang lebih mudah adalah membuka laman website yang ingin disimpan langsung di dalam Stache. Cukup tekan ikon + di kanan atas tampilan utama Stache lalu ketikkan url yang ingin kamu tuju. Sekarang kamu cukup menekan ikon Stache di bagian bawah untuk menyimpan bookmark. Mudah bukan?

Akhir Kata

Tampilan Stache di iOS dan OS X memang terasa sangat apik dan minimalis. Sekarang saya tidak perlu kesulitan mencari bookmark karena bantuan visual yang jelas dan juga fitur pencarian yang dapat diakses di bagian atas tampilan aplikasi serta dukungan sinkronisasi berbasis akun iCloud yang otomatis dan berjalan di belakang layar dengan baik.

Segera unduh Stache untuk OS X 10.9 dan Stache untuk iOS dengan batasan sistem operasi iOS 7.

Halaman Selanjutnya

Stache untuk iOS:
1 2

Editor : MakeMac

Latest