Follow Us

Review Grids: Pantau Akun Instagram Dengan Tampilan Fullscreen di OS X

Bagus Hernawan - Rabu, 15 Oktober 2014 | 14:41
Review Grids: Pantau Akun Instagram Dengan Tampilan Fullscreen di OS X

Para iPhoneografer yang doyan berinteraksi di Instagram terkadang merasa layar perangkatnya kurang leluasa untuk melihat foto/video. Paling terasa sih untuk kamu yang doyan ngobrol di komentar foto satu ke lainnya, pasti capek bolak-balik. Solusinya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk akses akun Instagram di OS X. Hari ini tim MakeMac berkesempatan mencoba Grids dan ingin berbagi review kepada kamu semua.

Seklias Tentang Grids

Aplikasi Grids baru dirilis oleh pengembang ThinkTime Creations tadi pagi dengan harga diskon sebesar $ 1.99. Harga tersebut saya rasa tidak mahal, mengingat beragam fitur menarik yang diberikan plus antarmuka yang sangat cantik dan bisa dikustomisasi.

Ya, kamu bisa melakukan kustomisasi untuk spacing antar tampilan gambar. Bisa dibuat seperti melekat atau sangat terpisah dengan frame warna putih/hitam. Berbicara tentang warna, ada 2 tema warna nih yang dapat kamu gunakan. Sesuaikan saja dengan mood atau kondisi ruangan ketika kamu sedang menggunakan Grids.

Sebagai catatan, pengguna bisa melakukan hampir semua aktifitas Instagram di aplikasi Grids, kecuali mengunggah foto. Pengembang Instagram memang mengunci sebuah fitur tersebut dan membuatnya secara eksklusif demi menjaga kualitas hasil unggah foto dan video.

Yuk Kita Coba Grids!

Setelah membeli dan mengunduhnya, saatnya mencoba Grids. Tekan ikon Grids 2x di Finder untuk masuk dan login dengan akun Instagram milikmu. Berikan hak akses untuk Grids dan beberapa pengaturan kecil lainnya. Pengguna akan disuguhkan tampilan awal berupa gambar di timeline Instagram dengan ukuran cukup besar dan beberapa pengaturan di sisi atas.

Di bagian tengah atas ada 5 tombol navigasi seperti pada aplikasi Instagram. Yaitu Home, Favorites, Love, Location dan Profile pengguna. Lanjut ke sisi pojok kanan ada 4 ikon pengaturan yang diciptakan oleh Grids. Mulai dari Search (mencari akun atau hashtag), Bookmark, Following/News dan paling ujung kanan adalah Preferences untuk pengaturan tampilan.

Tekan ikon preferences dan atur beberapa hal agar kamu dapat menikmati Grids dengan lebih nyaman. Antara lain adalah mengatur warna latar belakang, spacing, ukuran gambar, notifikasi dan masih banyak lagi lainnya. Menurut saya, pengaturan ukuran gambar dan spacing adalah point paling istimewa dari Grids – tidak banyak aplikasi lain yang mempunyai hal tersebut.

Sekarang kamu bisa mencoba berkirim komentar pada sebuah gambar. Tekan salah satu gambar tersebut lalu jendela baru akan muncul di tengah aplikasi. Tampilannya sekilas mirip Instagram dengan detail jumlah like serta baris komentar. Hal yang berbeda adalah tombol bookmark. Ya, kamu bisa menandai gambar tersebut agar masuk ke ikon bookmark. Bila suatu saat ingin melihatnya lagi, tinggal tekan ikon tersebut di kanan atas tampilan.


Baca Juga:


Bagaimana, Tertarik Menggunakan Grids?

Saya sudah mengetes Grids selama beberapa jam terakhir. Rasanya cukup menyenangkan. Melihat foto hasil karya teman dan keluarga menjadi lebih mudah dan menyenangkaan. Apalagi jika kamu mengaktifkan mode full screen.

Editor : MakeMac

Latest