Follow Us

Waspada, Sindikat iPhone Rekondisi Semakin Marak!

Bagus Hernawan - Jumat, 09 Januari 2015 | 10:49
Waspada, Sindikat iPhone Rekondisi Semakin Marak!

Sudah beberapa minggu ini banyak penyataan dari pembaca MakeMac yang merasa “tertipu” setelah membeli perangkat iPhone yang dirasa baru – tersegel dalam box. Mulai dari yang mendapati batere boros, tombol susah ditekan bahkan ketika dibuka terdapat banyak kejanggalan. Masalah ini kami sebut dengan sindikat iPhone rekondisi. Berikut ini beberapa hal yang patut kamu cermati agar tidak terkena penipuan tersebut:

Apa Maksud iPhone Rekondisi?

Secara sederhana, sindikat iPhone rekondisi memanfaatkan perangkat iPhone yang sudah rusak atau ditarik Apple untuk dihancurkan. “Bangkai” itu coba dihidupkan dengan cara memberikan baterai baru, layar baru dan membungkusnya ulang bahkan dengan iming-iming garansi.

Intinya ini memang perangkat iPhone (bukan imitasi dengan sistem operasi abal-abal) – bisa diinstal iOS dan mengunduh aplikasi dari App Store. Namun kelemahannya adalah kualitas perangkat keras yang sangat dipertanyakan.

Baca Juga:

Bagaimana cara menghindari hal ini ketika kamu hendak membeli perangkat iPhone? Simak beberapa tips dari MakeMac:

Cek “Kejanggalan”

Langkah paling sederhana adalah melihat tampilan secara langsung. Mulai dari kemasan, unit itu sendiri hingga aksesoris seperti kabel data dan USB power bawaan. Alangkah lebih baik lagi jika kamu bisa mengecek baterainya – apakah sudah rusak atau bocor.

Dari laporan beberapa pengguna, kemasan dari perangkat rekondisi ini memiliki kualitas sangat rendah. Bahkan beberapa diantaranya terkesan asal-asalan. Contohnya adalah kemasan perangkat iPhone 4 yang menampilkan gambar perangkat dengan sistem operasi iOS 7 – sebuah hal yang sangat salah karena iPhone 4 dirilis pertama kali dengan iOS 4.

Baca Juga:

Pahami Waktu Rilis iPhone

Selama 7 tahun ke belakang, Apple selalu merilis perangkat iPhone baru dan menyudahi (discontinue) versi sebelumnya pada tahun berikutnya atau maksimal dua tahun. Ambil contoh gambar di atas ya, perangkat iPhone 4 diperkenalkan pada bulan Juni 2010 (16 GB dan 32 GB warna hitam) lalu dinyakatan discontinue pada Oktober 2011 (kecuali versi 8GB yang masih didukung hingga 2013).

Editor : MakeMac

Latest