Follow Us

6 Shortcut Rahasia Safari Bagi Pengguna iPhone iOS 8

Bagus Hernawan - Senin, 19 Januari 2015 | 15:56
6 Shortcut Rahasia Safari Bagi Pengguna iPhone iOS 8

Perangkat iPhone memang dikenal dengan banyak fungsi gesture yang dapat membantu kamu melakukan banyak hal. Di aplikasi peramban Safari misal, ada banyak loh fungsi gesture yang dapat dimanfaatkan . Berikut ini 6 diantaranya:

1. Kembali ke Halaman Atas

Sering membaca sebuah web atau blog yang panjang dan ingin kembali ke bagian atas? Gak perlu kesulitan scroll panjang ke atas, cukup tekan bagian status bar iPhone kamu saja (ikon jam di tengah atas). Fitur ini juga banyak digunakan pada aplikasi lain seperti Twitter atau Facebook.

2. Menyimpan Gambar

Ya, saya yakin para pengguna kelas veteran atau pemula yang sering utak-atik pasti sudah hafal fitur ini. Pilih gambar yang ingin kamu unduh di sebuah web dengan cara klik tahan dan tunggu jendela penyimpanan tampil. Setelah itu pilih Save untuk menyimpan gambar tadi ke Camera Roll atau copy untuk menyalin tautan ke gambar tersebut.

Sebagai tambahan informasi, beberapa blog atau web biasanya mengunci fitur unduh gambar tersebut. Sayang sekali untuk masalah tersebut kamu hanya bisa mengambil gambar tadi dalam bentuk screenshot layar secara penuh dengan menekan power button dan home button bersamaan.

3. Kembali ke Halaman Sebelumnya

Ingin kembali ke halaman sebelumnya dari web yang sedang dibaca? Kamu bisa menggunakan gesture berikut: swipe dari tepi kiri layar ke tengah. Lakukan secara berlawanan untuk mengakses halaman yang sudah dibuka alias forward.

Nah ada satu lagi yang jarang diketahui orang yaitu menekan dan tahan tombol kembali (<). Fitur ini akan menampilkan list history dari laman web tadi. Hal ini sangat tepat untuk kamu yang sering berganti halaman dan merasa kejauhan untuk kembali dengan gesture kembali di atas.

4. Bookmark Ekstra Cepat

Sering menyimpan halaman favorit untuk dibaca lagi dengan fitur Bookmark atau Reading List? Ada shortcut rahasianya nih supaya kamu cukup menekan 2x saja tanpa perlu ribet. Caranya mudah, tekan dan tahan tombol bookmark di bagian bawah kanan (ikon buku terbuka). Setelah itu jendela baru akan muncul dengan 3 pilihan yaitu Add Bookmark, Add to Reading List dan terakhir Add to Shared Links.


Baca Juga:


5. Menghapus Tab Pada Peramban

Semenjak iOS 8, Apple mengenalkan tampilan tab baru untuk Safari. Nah bagi kamu yang belum tahu, ada 2 cara untuk menhapus tab yang sedang dibuka, pertama menggunakan tombol x di kiri bawah dan menggunakan swipe gesture.

Keduanya menggunakan langkah awal yang sama, yaitu menekan tombol tab (kerta bertumpuk 2 di kanan bawah layar). Setelah itu untuk fitur gesture kamu tinggal swipe salah satu halaman tadi dari tengah ke kiri layar. Mudah dan cepat bukan?

Editor : MakeMac

Latest