Follow Us

Mail Pilot 2, Pengolah Email Berorientasi Pekerjaan & Gesture Intuitif

Bagus Hernawan - Selasa, 10 Februari 2015 | 18:50
Mail Pilot 2, Pengolah Email Berorientasi Pekerjaan & Gesture Intuitif

Pengembang Mindsense akhirnya resmi merilis Mail Pilot 2 untuk pengguna perangkat iOS 8 minggu lalu. Diklaim punya banyak fitur baru seputar gesture dan kemampuan organisir inbox, tim MakeMac awal pekan ini berkesempatan mencobanya. Berikut ini beberapa hal menarik mengenai Mail Pilot 2:

Mengenal Mail Pilot 2

Mail Pilot 2 for iPhone + iPad Trailer 2 (50s) from Mindsense LLC on Vimeo.

Aplikasi yang diberi label free update untuk pengguna versi awal ini dikenal dengan banyak fitur jempolan. Menggunakan jargon “task-oriented approach”, dijamin kamu gak akan pusing dengan deretan inbox yang terus masuk setiap harinya di email kantor atau akun pribadi.

Langkah Awal Menggunakan Mail Pilot 2

Setelah membeli aplikasi yang sedang diskon menjadi $7.99 ini, kamu dapat langsung membukanya di perangkat iPad atau iPhone. Ikuti panduan awal penggunaan yang mudah dan dikemas sederhana. Silahkan masukkan alamat email kamu dan saatnya mencoba Mail Pilot 2!

Tampilan Utama & Cara Akses

Oke, awalnya saya agak bingung karena aplikasi ini menggunakan tampilan Inbox sebagai halaman utama – deretan pesan masuk di sisi kiri dan sebelah kanan adalah isi salah satu inbox kamu. Saya coba buka salah satu pesan dan tampilan berubah jadi full screen, cocok untuk yang hobi berkirim email panjang.

Tombol Reply dan Forward tampak jelas di bagian atas tampilan aplikasi. Ingin melampirkan dokumen ke email kamu? Gak pake ribet, tinggal tekan ikon clip di kanan dan akses Camera Roll, iCloud atau layanan dan Box atau Dropbox juga bisa langsung di dalam aplikasi ini.

Kembali ke tampilan email yang masuk, di kanan atas ada tombol Move untuk memindahkan email tersebut ke bagian yang kamu mau. Bisa dilempar ke daftar Complete untuk email yang sudah selesai dan tidak terpakai, Set Aside untuk menyimpan dan akses lain waktu, Remind untuk kembali menampilkannya di hari yang kamu mau (cocok untuk email pemesanan tiket atau semacamnya) atau pilihan lainnya.

Nah itu tadi Inbox dan membalas pesan, lantas bagaimana cara berpindah ke bagian lain? Gampang, swipe ke bawah pada tulisan inbox di bagian kiri atas. Layar kamu akan “terbelah” dua dan bagian atas berubah menjadi mode akses (kiri) dan kanan menampilkan kalender dengan tanda dari inbox email terjadwal.

Urutan tampilannya dibuat sederhana, jika kamu masuk ke salah satu mode selain Inbox, Swipe ke bawah di bagian yang sama untuk langsung kembali menuju Inbox. Menarik kan?

Fitur Gesture Lengkap dan Unik!

Ada dua cara untuk menggunakan fitur gesture pada Mail Pilot, semuanya di tampila utama yaitu list email di Inbox. Pertama, swipe ke kanan atau kiri pada salah satu email yang ada di list kamu. Kanan ke kiri untuk melemparnya ke folder Complete dan arah sebaliknya untuk mengatur Reminder atau fitur pengingat email. Sebagai tambahan, semakin jauh kamu menarik, fitur Reminder akan bertambah hari dari sehari hingga seminggu untuk paling jauh.

Cara kedua adalah favorit saya, menggunakan mode Flick. Gak sulit kok, cukup tekan dan tahan jari kamu di salah satu list email yang ingin dipindahkan. Bila langkah kamu tepat, tampilan akan berubah menjadi gambar diatas – mirip fitur Hot Corner di OS X ya! Nah sekarang tinggal lempar email tadi ke salah satu sisi tujuan kamu, untuk memindahkannya ke folder Complete, Set Aside, atau malah menghapusnya.

Editor : MakeMac

Latest