Follow Us

ResearchKit, Era Baru Penelitian Medis lewat iPhone

Bagus Hernawan - Selasa, 10 Maret 2015 | 09:29
ResearchKit, Era Baru Penelitian Medis lewat iPhone

Peran riset dalam bidang medis dan kedokteran tentunya sangat besar. Semua kajian ilmu baru atau deteksi penyakit diperlukan proses riset yang pastinya tidak mudah, makan banyak waktu dan biaya luar biasa. Apple yang sudah sejak kehadiran iOS 8 mengenalkan app Health, kini memperluas cakupannya dengan ResearchKit untuk membantu para peneliti tersebut.

Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini beberapa penjelasan tentang ResearchKit.

Apa Itu ResearchKit?

Menurut press release yang diberikan dan pantauan ajang Apple Event, ResearchKit adalah open source framework untuk membantu penelitian medis dan kesehatan dalam mengumpulkan data di aplikasinya. Data yang dimaksud adalah input dari perangkat iPhone yang dilakukan langsung oleh para responden.

Apple® today announced ResearchKit™, an open source software framework designed for medical and health research, helping doctors and scientists gather data more frequently and more accurately from participants using iPhone® apps

Gak cuman itu, ResearchKit ternyata dapat terhubung ke app Heatlh. Dengan akses yang diberikan oleh pengguna, berbagai data seperti berat badan, tekanan darah, kadar gula darah, dan lain sebagainya dapat digunaka untuk melengkapi survey.


Baca Juga:

Masa Depan ResearchKit

Dalam videonya, Apple menjelaskan proses pengumpulan data yang mudah dan singkat. Para penderita gejalan Parkinson misal, dapat melakukan tes ketangkasan di layar iPhone, merekam intonasi suara atau berbagai hal lainnya. Nantinya data tersebut dapat dikirim langsung ke lembaga penelitian tersebut – dalam hal ini ke server aplikasi yang mengadakan pengumbulan data. Ke depannya, bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti ada penyakit baru atau lama yang berhasil mendapatkan pemecahan masalahnya berkat bantuan ResearchKit.

Karena berbasis digital dan dapat diikuti oleh siapa saja di dunia, saya yakin ResearchKit sangat dinanti oleh para peneliti atau kaum pendidikan. Kemudahan mendapatkan responden, mengolah data yang paperless dan privasi yang diberikan Apple adalah 3 jaminan utama dari Apple.

Sebagai tambahan, saat ini sudah ada 5 jenis aplikasi kesehatan yang memanfaatkan ResearchKit untuk iPhone iOS 8. Supaya gak kesulitan mencari, berikut ini tim MakeMac siapkan tautannya untuk kamu.

Download · Harga:

Halaman Selanjutnya

Download · Harga:
1 2

Editor : Bagus Hernawan

Latest