Follow Us

Review EaseUS Data Recovery, Kembalikan Data Ekstra Cepat & Mudah

Bagus Hernawan - Rabu, 01 April 2015 | 17:34
Review EaseUS Data Recovery, Kembalikan Data Ekstra Cepat & Mudah

Kehilangan data di perangkat komputer Mac kamu adalah bencana besar. Apalagi jika disebabkan oleh hal tak terduga seperti kesalahan teknis atau sebab tidak jelas lainnya. Nah jika kamu sedang mencari aplikasi recovery data untuk OS X, coba gunakan EaseUS Data Recovery for Mac. Tim MakeMac sudah mencobanya dan ingin berbagi review kepada kamu para pembaca setia.

Mengenal EaseUS Data Recovery

Tersedia dalam dua versi, EaseUS Data Recovery dapat kamu unduh gratis sebagai uji coba dan berbayar seharga $89.95. Kompatibilitasnya juga cukup luas, di versi 9.0 ini sang pengembang membuat aplikasinya mendukung OS X Snow Leopard hingga terbaru yaitu OS X Yosemite.

Gak cuman itu, EaseUS Data Recovery juga hadir dengan kemudahan pengoperasian yang dapat kamu andalkan. Hanya butuh 3 langkah mudah yaitu memilih medianya, pindai dan cari data yang kamu butuhkan lalu simpan. Mari langsung kita coba ya!

Menggunakan EaseUS Data Recovery

Setelah mengunduh dan instal EaseUS Data Recovery, buka aplikasi ini dan cari media penyimpanan yang ingin kamu kembalikan datanya. Sebagai percobaan, saya melakukan Erase Data dari Disk Utility untuk sebuah flash disk berukuran 8 GB untuk menguji aplikasi ini.

Langkah awal dari penggunaan EaseUS Data Recovery adalah memilih tipe data yang ingin kamu kembalikan. Supaya gampang sih saya memilih All Types dan tekan Continue. Nah setelah itu pilih media penyimpanan yang ingin kamu pindai lalu tekan Scan.

Antarmuka di atas adalah jendela tampilan untuk hasil quick scan yang dilakukan oleh EaseUS Data Recovery. Sisi sidebar kiri adalah tampilan list isi data yang dapat kamu pilih dengan organisir berbasis Path, Type atau Time. Jendela utama menampilkan nama file yang ada di dalam setiap direktori tersebut.

Belum menemukan data yang kamu cari? Coba tekan tombol Deep Scan untuk masuk ke mode RAW scan alias mencari data yang lebih lengkap dan memerlukan sedikit waktu tunggu. Ketika menggunakan mode ini, saya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk memindai datanya.

Begitu selesai melakukan Deep Scan, hasil data yang ditemukan lebih banyak dan lengkap. Tercatat ada 28 GB data yang berhasil ditemukan oleh aplikasi ini. Lantas bagaimana cara mengembalikan data kamu lewat EaseUS Data Recovery? Mudah saja, pilih direktori yang kamu inginkan atau langsung masing-masing file di sana.

Setelah itu tekan tombol Recover di bagian atas untuk memilih tempat penyimpanan hasil recovery. Supaya mudah, langsung saja pilih ke folder Documents kamu ya. Proses ini gak lama kok, karena bagian paling sulit alias deep scan sudah kamu kerjakan sebelumnya.

Langkah akhir tinggal buka Finder lalu masuk ke bagian Documents. Jangan bingung, EaseUS Data Recovery akan membuat folder baru bernama RAW_0001 untuk menyimpan file hasil recovery tadi.


Baca Juga:

Akhir Kata

EaseUS Data Recovery berhasil membantu saya mengembalikan banyak data yang sudah terhapus, meskipun sudah mengalami format. Dokumen gambar dan video sebagian besar dapat kembali dengan sempurna, hanya perlu diberi nama ulang saja. Sedangkan untuk dokumen teks dan file archive memang terkenal sulit dikembalikan, namun tetap dapat selamat.

Editor : MakeMac

Latest