Follow Us

Review GAget: Akses Google Analytics di iOS & Widget OS X Yosemite

Bagus Hernawan - Senin, 13 April 2015 | 16:26
Review GAget: Akses Google Analytics di iOS & Widget OS X Yosemite

Para penulis web atau blogger pasti kenal dengan dunia Google Analytics untuk mencari data berupa traffic dari web miliknya. Nah jika kamu selama ini menggunakan OS X Dashboard GAget, kabar buruknya layanan ini segera tutup tanggal 20 April 2015. Namun ada kabar gembira kok yaitu sang pengembang sudah merilis GAget di Widget Notification Center OS X Yosemite dan perangkat iOS.

Tim MakeMac sudah mencoba keduanya dan ingin berbagi review singkat untuk kamu semua pembaca setia:

GAget di OS X: Desain Elegan & Akses Kapan Saja

Tidak seperti GAget di versi sebelumnya yaitu Dashboard, versi baru ini GAget for OS X Yosemite bersarang di Notification Center kamu – aktifkan dengan swipe dua jari dari sisi kanan luar trackpad, masuk ke kiri. Masih bingung untuk mengaktifkan Widget di OS X Yosemite? Simak tutorialnya yang pernah saya bagikan untuk mengaktifkan Widget di OS X dan iOS yah!

Lantas bagaimana tampilannya di Widget Notificatin Center? Ini yang saya suka, sedikit tersembunyi dan tetap elegan. Ya, setelah kamu aktifkan GAget, aplikasi berdesain minimalis ini hanya akan menampilkan data singkat dan harus di klik untuk melihat detailnya.

Gak sekedar detail berupa grafik traffic harian loh, tapi ada beberapa tombol untuk masuk ke halaman informasi lain. Yaitu 3 tombol pengaturan waktu – traffic minggu ini, 2 mingguan dan 4 mingguan. Lanjut ke bagian bawah grafik, ada tombol Overviews untuk melihat detail traffic seperti Sessions, Users dan Pageviews dan masih banyak lainnya. Lalu ada tombol Locations untuk daftar negara pengakses web dan Mobile untuk diagram jenis perangkat yang digunakan untuk masuk ke website kamu.

Satu hal baru yang perlu kamu biasakan adalah mengkakses data di grafik. Jika di versi lawas, kamu cukup mengarahkan pointer di garis tersebut. Namun untuk versi Widget ini, pengguna wajib menekan dan tahan pointer untuk mendapatkan jendela kecil berisi data yang dibutuhkan.

Secara keseluruhan, GAget for OS X dalam bentuk Widget ini sudah mencukupi kebutuhan saya. Data yang disajikan lengkap, tampil sedikit bersembunyi dan dapat diakses kapanpun – tanpa perlu membuka aplikasi. Berminat menggunakan juga? Unduh GAget di Mac App Store dengan harga $2.99 saja – hanya mendukung OS X Yosemite.

Download GAget - for Google Analytics ร‚ยท Harga: 59000


Baca Juga:

GAget di iOS: Sederhana & Tetap Lengkap

Jika GAget di OS X Yosemite berbentuk Widget, untuk versi iOS malah dibuat dalam sebuah aplikasi tertutup tanpa akses ke Widget. Nampaknya sang pengembang sengaja melakukan hal ini untuk menjaga keamanan infromasi website kamu.

Editor : Bagus Hernawan

Latest