Follow Us

Review SanDisk iXpand Flash Drive: Cepat, Lengkap dan Mendukung Camera Sync

Bagus Hernawan - Jumat, 08 Mei 2015 | 14:08
Review SanDisk iXpand Flash Drive: Cepat, Lengkap dan Mendukung Camera Sync

Pengguna perangkat iOS sering bertanya kepada tim MakeMac, Flash Drive apa yang mendukung port Lightning yang ada di iPhone atau iPad? Salah satu yang sering tim MakeMac rekomendasikan adalah SanDisk iXpand Flash Drive. Beruntungnya seminggu ini tim MakeMac mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk tersebut secara gratis untuk membuat review. Berikut ini ulasan lengkap SanDisk iXpand Flash Drive:

Mengenal SanDisk iXpand Flash Drive

Masih belum paham dengan produk ini? Sederhananya SanDisk iXpand Flash Drive adalah memori penyimpanan eksternal dengan dukungan 2 port – USB 2.0 dan Lightning Port. Pengguna dapat dengan mudah memasukkan data dari komputer ke SanDisk iXpand Flash Drive lewat port USB lalu menghubungkannya ke iPhone atau iPad lewat port Lightning yang digunakan.

Tampilan & Spesifikasi SanDisk iXpand Flash Drive

Bentuknya terkesan maskulin sih menurut saya dengan warna silver dan penutup terpisah yang ada di kepala USB. Untuk membuat desainnya tetap minimalis dan berpusat di satu sisi, desainer SanDisk iXpand Flash Drive meletakkan port Lightning ditumpukan atas USB. Jadi kamu perlu sedikit menarik ujung Lightning yang ada disana untuk dapat masuk ke iPhone atau iPad.

Lanjut ke spesifikasi perangkat keras, SanDisk iXpand Flash Drive punya 4 jenis kapasitas yang dijual di pasaran – 16 GB, 32 GB, 64 GB dan 128 GB yang menggunaan warna berbeda. Perangkat ini juga membutuhkan daya baterai untuk dapat digunakan pada perangkat iPhone atau iPad – intip saja indikator lampu hijau di sisi samping kanan atau lewat aplikasinya di iOS.

Cara Menggunakan SanDisk iXpand Flash Drive

Lewat Komputer, Semudah USB Flash Drive Biasa

Layaknya perangkat USB penyimpan data biasa, kamu hanya perlu menghubungkan SanDisk iXpand Flash Drive ke port USB di laptop atau komputer. Tunggu perangkat ini terdeteksi dan masuk ke Finder di OS X kamu yah. SanDisk sendiri memberikan aplikasi keamanan untuk kamu gunakan di komputer Mac – bernama SanDisk Secure Acces di dalam perangkat ini. Fungsinya untuk membuka perangkat jika kamu memberikan keamanan password dan beberapa hal lainnya.

Nah sebagai percobaan saya membuat sebuah folder baru di dalam SanDisk iXpand Flash Drive bernama MakeMac dan memberikan beberapa folder lagi di dalamnya. Antara lain berisi foto dari kamera DSLR, musik, video dan beberapa dokumen .PDF. Semuanya akan saya coba akses di perangkat iPhone lewat aplikasi SanDisk iXpand Sync

Akses Dokumen Lewat App SanDisk iXpand Sync

Oke, jika sudah selesai menata dokumen di SanDisk iXpand Flash Drive lewat komputer, sekarang saatnya mengetesnya di perangkat iPhone. Langkah pertama tentu saja unduh dulu aplikasi SanDisk iXpand Sync dan masuk ke dalamnya.

Secara antarmuka, aplikasi ini punya latar belakang warna putih dan merah yang tegas. Pengguna dapat mengtur mode tampilan dalam bentuk grid atau list, serta mode sorting berdasar abjad, tanggal atau hal lainnya.

Masih ingat bahasan saya di awal mengenai baterai? Nah coba masuk ke ikon More (strip 3 horisontal di kiri atas) lalu cek ikon widget animasi di bagian bawahnya. Kamu dapat melihat data berupa kapasitas baterai, persentasi memori penyimpanan di iPhone atau di perangkat ini. Sedangkan di bagian atasnya pengguna dapat mengakses beberapa mode pengaturan dan My Downloads – akan saya jelaskan di bagian berikutnya.

Sekarang saatnya masuk ke folder yang sudah kamu buat tadi, coba jalankan video, foto atau musik yang ada di dalam SanDisk iXpand Flash Drive. Mirip dengan app Music bawaan, di perangkat ini kamu dapat melakukan playback, memilih lagu dengan cepat dan melihat detail informasi seperti nama penyanyi, judul lagu dan albumnya. Namun sayang informasi lirik lagu yang sudah kamu simpan tidak bisa ditampilkan ketika memutar lagu tersebut.

Saya sudah mengetes SanDisk iXpand Flash Drive untuk melihat foto, memutar musik dan juga video selama beberapa hari. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dari dalam aplikasinya. Mode melihat foto resolusi tinggi juga tetap lancar meskipun kamu sedang memutar musik misalnya.

Fitur My Downloads Untuk Saling Bertukar Data

Nah ini juga salah satu fitur menarik dari aplikasi SanDisk iXpand Sync. Kamu dapat mengunduh dokumen yang ada di SanDisk iXpand Flash Drive ke dalam aplikasi ini untuk digunakan tanpa perlu menghubungkan Flash Drive tersebut. Langkah sebaliknya juga dapat kamu lakukan – menyalin data dari My Downloads ke perangkat SanDisk iXpand Flash Drive milik teman misalnya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest