Follow Us

Disk Cartography: Pindai, Analisa & Hapus Data Ekstra Cepat di OS X

Bagus Hernawan - Rabu, 13 Mei 2015 | 11:33
Disk Cartography: Pindai, Analisa & Hapus Data Ekstra Cepat di OS X

Salah satu mimpi buruk seorang pengguna perangkat komputer Mac adalah kehabisan kapasitas penyimpanan internal, setuju? Sebetulnya masalah ini bisa mudah diselesaikan dengan menghapus data tidak berguna. Nah tapi kadang kita bingung kan dimana data-data itu tersimpan? Coba gunakan Disk Cartography untuk membantu kamu memetakan isi hardisk dengan cepat dan mudah.

Tim MakeMac sudah mencoba aplikasi ini dan ingin berbagi review kepada kamu pembaca setia. Berikut ini detailnya:

Mengenal Disk Cartography

Aplikasi karya grup pengembang Justin Johnson yang juga membuat Disk Drill ini dapat kamu unduh di Mac App Store dalam harga diskon $1.99 saja. Fitur utamanya adalah memindai perangkat penyimpanan internal kamu dan membuat mapping yang mudah dipahami. Nah dengan mapping tersebut pengguna dapat menganalisa folder mana yang berisi ratusan GB data dan menghapusnya langsung dari Disk Cartography – tanpa bersisa lagi.

Scanning Cepat, Tampilan Manis

Di awal penggunaan, tampilan dimulai dengan memilih media penyimpanan yang akan dipindai. Setelah itu mulau proses scanning dengan waktu yang cukup cepat – pelajari juga detail tampilan di mode ini ya. Seperti filterisasi dengan nama dokumen, batasan ukuran file dan mode tampilan.

Jika proses scanning sudah selesai, kamu akan mendapati tampilan seperti gambar di atas. Disk Cartography akan menunjukkan berapa besar kapasitas yang digunakan pada masing-masing folder utama di OS X seperti Documents, Music, Downloads dan lai sebagainya.Sedikit mengarah ke kanan, kamu akan melihat garis warna yang menunjukkan kepadatan folder tersebut dibandingkan yang lainnya.

Cari File Dengan 2 Cara

Kamu dapat mencari file yang ingin dihapus dengan 2 cara: mengetikkan nama dokumennya di kolom search atau mencarinya dari beberapa folder utama yang ditampilkan oleh Disk Cartography. Langsung kita coba cara kedua saja ya sebagai fitu utama aplikasi ini.

Karena saya sering mengunduh banyak aplikasi untuk perangkat iOS, salah satu folder yang membengkak cukup besar adalah Music > iTunes. Nah coba klik 2x ikon panah di kiri bagian tersebut lalu cari terus dokumen yang paling besar. Kamu juga bisa menggunakan tombol panah kanan di keyboard untuk akses lebih cepat. Begitu membukanya, setiap folder atau file yang tampil akan menunjukkan kapasitas yang digunakan dan label warna dari hijau sampai merah untuk ukuran yang dianggap sangat besar.

Sebagai tambahan, Disk Cartography juga mendukung fitur Quick Look dari Finder untuk membuat file kamu secara cepat. Tinggal tekan tombol spasi saat memilih dokumen musik, foto, video atau yang lainnya untuk mengecek apakah masih diperlukan atau bisa dihapus.


Baca Juga:

Hapus Seketika, Tanpa Sisa!

Sudah menemukan folder atau dokumen yang ingin kamu hapus? Jika itu sebuah folder atau dokumen, pastikan kamu mengeceknya terlebih dahulu ya di Finder. Caranya cukup mudah, sorot pointer mouse di bagian tersebut lalu klik kanan, Show In Finder. Disk Cartography akan membuka jendela Finder baru untuk membantu kamu melihat dokumen tadi.

Editor : MakeMac

Latest