Follow Us

watchOS 2 Bawa Fitur Native App, Kustomisasi Layar & Akses Berbagai Sensor

Bagus Hernawan - Selasa, 09 Juni 2015 | 09:40
watchOS 2 Bawa Fitur Native App, Kustomisasi Layar & Akses Berbagai Sensor

Masih dalam euforia WWDC 2015, selain mengenalkan iOS 9 dan OS X EL Capitan, Apple juga menghadirkan watchOS 2 yaitu sistem operasi terbaru untuk Apple Watch. Beragam fungsi ditanamkan di pembaruan ini seperti tampilan yang lebih mendukung kustomisasi, native app, dukungan Maps baru dan Apple Pay. Yuk kita bahas satu persatu!

Kustomisasi Tampilan

Watch Faces

Watch Faces alias antarmuka lockscreen di Apple Watch kini dapat kamu kustomisasi dengan gambar atau 6 foto time-lapse yang disediakan oleh Apple. Untuk mode foto, pengguna dapat memilih satu foto saja atau menggunakan mode album foto gambar favorit untuk selalu mendapatkan tampilan gambar baru ketika melihat layar Apple Watch.

Complications

Masih di kustomisasi tampilan, mode Complications (tampilan jam tangan dan detail informasi lainnya di Watch Faces) kini dapat meliputi apilkasi pihak ketiga dari App Store. Seperti penghitung mundur jadwal penerbangan, HomeKit untuk mematikan lampu di rumah atau kendali multimedia di perangkat CarPlay.

Nah di Complications ini juga ada mode Time Travel yang bisa dibilang unik dan sangat membantu kamu yang punya banyak jadwal padat. Pengguna dapat memutar Digital Crown maju ke depan atau mundur untuk menggeser waktu dan melihat berbagai rencana besok atau kemarin yang sudah lewat dan gagal kamu kerjakan.

Mode Isi Baterai di Malam Hari

Ketika sudah sampai di rumah dan ingin mengisi baterai di Apple Watch, kamu dapat menikmati Nightstand Mode terbaru di wathcOS 2. Yaitu tampilan mendatar dan mengubah setiap input tombol atau sentuhan layar untuk menyalakan layar dan melihat jam. Mode alarm juga tampil berbeda yaiut menekan tombol samping untuk mematikan atau Digital Crown untuk snooze.

Native App

Oke, mungkin banyak dari kamu yang bingung dengan istilah ini. Pertama mari kita ingat lagi di awal Apple Watch rilis, jam tangan ini hanya berfungsi sebagai companion app alias perpanjangan dari aplikasi yang ada di iPhone. Kini dengan sistem native apps, pengguna dapat lebih terbebas dari ketergantungan pada perangkat iPhone dan semakin mendekati keberagaman fitur di aplikasi yang ada di Apple Watch.

Mode native apps ini juga didukung dengan hadirnya akses ke berbagai sensor dan fitur bawaan Apple Watch untuk dikembangkan oleh para developer. Sebut saja Taptic Engine, Digital Crown, Accelerometer, sensor detak jantung, speaker dan juga mikrofon.


Baca Juga:

Pembaruan di Beragam Fitur Bawaan

Mulai dari app Email bawaan, kini pengguna dapat membalas pesan dengan cepat lewat Apple Watch. Ada 3 pilihan cara untuk membalas pesan yaitu menggunakan Siri (diktasi dari suara menjadi teks), menggunakan emoji atau daftar jawaban yang sudah kamu siapkan.

Fitur Friends yang menampilkan 12 ikon teman kamu untuk akses cepat dalam menghubungi mereka juga mendapatkan sentuhan dari Apple. Yaitu tambahan jendela tampilan yang dapat kamu organisir berdasarkan teman sekolah, kantor atau beragam lainnya. Kamu juga bisa menambahkan daftar teman di mode ini dengan mudah lewat catatan kontak serta organisir lewat app Apple Watch di iPhone. Menarik kan!

Editor : Bagus Hernawan

Latest