Follow Us

OS X El Capitan Beta 3 Bawa Fitur Two-Factor Authentication Baru

Bagus Hernawan - Kamis, 09 Juli 2015 | 09:42
OS X El Capitan Beta 3 Bawa Fitur Two-Factor Authentication Baru

Memenuhi jadwal dwi mingguan yang biasa diterapkan, hari ini Apple resmi merilis pembaruan OS X El Capitan 10.11 Beta 3. Para pengembang terdaftar dapat segera mengunduh pembaruan ini lewat akun Apple Developer atau Mac App Store.

Apa saja hal yang baru kali di OS X El Capitan dengan build code 15A216g ini? Tidak banyak namun cukup penting yaitu fitur Two-Factor Authentication baru dan perbaikan di app Photos.

What’s new in OS X El Capitan beta 3:

  • Two-Factor Authentication – iOS 9 and OS X 10.11 El Capitan include an entirely revamped two-factor authentication system.

  • Photos app – As in iOS 9 beta 3, there are new albums for selfies and screenshots in the Photos app in El Capitan beta 3.

Bagi kamu yang paham tentang sistem keamanan akun di Apple, autentifikasi 2 langkah ini bukan nama yang baru. Namun Apple akhirnya mengubah sistem ini menjadi sedikit berbeda di OS X El Capitan dan iOS 9 Beta terbaru. Berikut ini contoh penggunaan yang informasinya saya peroleh dari laman Apple Developer.

Pengguna yang sudah mengaktifkan keamanan ini dan ingin login Apple ID di perangkat baru harus memasukkan 2 password. Pertama password Apple ID tersebut dan kedua kode verifikasi (6 digit) yang dikirimkan oleh Apple kepada perangkat iOS 9 atau OS X El Capitan yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. Bila kamu tidak memilikinya, kode tersebut akan dikirimkan via SMS atau panggilan telepon kepada nomor ponsel kamu. Terasa lebih mudah bukan, tanpa perlu terlalu repot membuka email lagi.

Masih dari laman yang sama, kabarnya fitur ini belum tersedia secara menyeluruh ke semua anggota Apple Developer. Bagi pengguna yang terpilih mendapatkan akses perdana, silahkan bukan aplikasi System Preferences > iCloud > Account Details > Security on your Mac untuk mengaturnya.


Baca Juga:

Lanjut ke app Photos, kini pengguna dapat memperoleh tatanan yang lebih rapi berupa 2 folder baru – selfies dan screenshots yang didapatkan dari perangkat iOS 9. Ya,bagian ini akan menyimpan foto yang kamu ambil menggunakan kamera depat serta hasil screenshot dari layar perangkat iOS. Menarik dan sangat memudahkan ya!

Editor : Bagus Hernawan

Latest