Follow Us

Tutorial Lengkap Apple Music di iOS 9

Bagus Hernawan - Selasa, 28 Juli 2015 | 17:08
Tutorial Lengkap Apple Music di iOS 9

Semenjak kehadiran iOS 8.4 beberapa minggu lalu, Apple resmi merilis Apple Music sebagai layanan music streaming ekstra lengkap. Kamu dapat menikmati konten musik, video, radio dan interaksi dengan artis idola via Connect. Nah jika review Apple Music di komputer Mac sudah saya hadirkan, kini giliran review Apple Music di iOS 9. Yuk kita ulas beragam pengetahuan dasar dan cara penggunaan Apple Music di perangkat iOS.

Bagaimana Cara Menikmati Apple Music?

Pertama tentu saja kamu harus menggunakan perangkat iOS (iPhone, iPad dan iPod Touch) dengan sistem operasi minimal iOS 8.4 atau iOS 9 Public Beta 2 atau iOS 9 Developer Beta 3. Apakah Apple Music hadir sebagai aplikasi terpisah? Tentu saja tidak, Apple Music hadir di dalam aplikasi Music yang mengusung ikon baru – latar belakang putih.

Setelah memastikan perangkat kamu menggunakan iOS yang mendukung, login di App Store atau iTunes Store dengan Apple ID. Pastikan kamu memiliki saldo minimal 69 ribu Rupiah atau sistem pembayaran kartu kredit untuk dapat mencoba Apple Music selama 3 bulan percobaan.

Hal ini digunakan Apple sebagai syarat utama untuk mencoba masa gratis Apple Music – nantinya saldo tersebut baru dipotong pada bulan keempat ketika masa coba gratis ini selesai. Bisa dibilang bagian ini cukup unik, tidak seperti layanan streaming music lain. Sepertinya Apple sengaja melakukan hal tersebut untuk menyaring mana pengguna yang benar-benar ingin menikmati layanan tersebut – cukup dengan “modal” 69 ribu Rupiah di awal.


Baca Juga:

Tampilan Awal Apple Music

Di bagian awal kamu akan mendapatkan tampilan Tell us what you like, yaitu serangkaian lingkaran berisi jenis musik yang kamu sukai. Jika sudah selesai, tekan Next untuk memilih nama artisnya – agar algoritma Apple Music dapat bekerja lebih detail. Akhiri bagian ini dengan menekan Done.

Masuk ke tampilan utama, ada 5 tombol yang dapat kamu akses di bagian bawah. Dari kiri ke kanan yaitu For You, New, Radio, Connect, dan terakhir My Music.

For You adalah deretan lagu dan playlist pilihan yang diberikan oleh Apple, berdasarkan jenis musik dan artis yang kamu pilih di awal. Deretan atas berbentuk Playlist alias beberapa lagu dengan tema yang sama dari sekumpulan artis. Scroll agak ke bawah dan kamu akan menemui album yang direkomendasikan, lalu kembai ke Playlist lagi.

New berisi informasi musik terbaru yang dirilis di Apple Music. Ditandai dengan list Hot Tracks, New Music, Top Songs dan beragam hal lainnya. Untuk kamu yang senang mendengarkan lagu-lagu yang sedang ngetop atau baru rilis, bagian ini dapat menjadi rujukan utama deh!

Radio berisi salah satu fitur baru di Apple Music yaitu Radio Beats 1 dengan siaran 24 jam non-stop selama 7 hari setiap minggunya. Kamu dapat melihat jadwal siaran radio Beats 1 di laman Tumblr Apple Music ya!

Editor : MakeMac

Latest