Follow Us

Mencoba Family Sharing & Keamanan Pembayaran Kartu Kredit

Bagus Hernawan - Jumat, 14 Agustus 2015 | 16:58
Mencoba Family Sharing & Keamanan Pembayaran Kartu Kredit

Apple Music yang baru masuk di bulan kedua sejak masa rilisnya, sudah menggaet banyak pengguna untuk turut mencoba dalam masa trial gratisan 3 bulan. Pastinya kamu tahu, walaupun gratis 3 bulan layanan ini mensyaratkan pengguna menunjukkan saldo minimal 69 ribu Rupiah untuk Single User dan 120 ribu Rupiah untuk Family Membership.

Nah, tim MakeMac sempat menguji program keluarga ini dan menemukan beberapa catatan yang menarik. Terutama fitur keamanan akses kartu kredit, apakah aman atau justru menjadi berbahaya untuk diakses anggota keluarga lain?

Mengenal Family Sharing

Sebelum membahas bagian utama, saya jelaskan dulu apa itu Family Sharing. Fitur ini hadir pertama kali di pembaruan iOS 8. Intinya, kamu yang memiliki anggota keluarga dengan perangkat iOS dan menggunakan akun iCloud pribadi, dapat saling terkoneksi dan berbagi konten yang dimiliki.

Contohnya para orangtua dapat mengawasi setiap aplikasi yang diunduh oleh anaknya dengan memberikan autoritas akses pembelian aplikasi berbayar atau belanja in-app purchase.

Selain masalah pembayaran, sebetulnya Family Sharing juga punya beragam fitur lainnya. Seperti berbagi album foto, mengintip jadwal dari app Calendar yang tersinkronisasi, fitur Find My Friends dan beragam lainnya. Namun kali ini kita bahas yang berhubungan dengan akses kartu kredit dan Apple Music saja ya!


Baca Juga:

Cara Mendaftarkan Anggota Baru di Family Sharing

Tidak sulit untuk membuat Family Sharing di perangkat iOS atau OS X. Syarat utamanya adalah akun Organizer (pembuatnya) harus memiliki sistem pembayaran kartu kredit yang telah terdaftar di Apple ID. Setelah itu masuk ke pengaturan iCloud di iOS atau OS X dan pilih Set Up Family Sharing. Ikuti saja pengaturan yang ada di halaman tersebut hingga selesai.

Setelah itu undang keluarga kamu untuk bergabung – tentunya mereka harus memiliki akun iCloud ya. Di perangkat iPhone atau iPad silahkan masuk ke Settings > iCloud > Family > Add Family Member. Masukkan nama atau alamat email dari akun yang ingin kamu ajak bergabung.

Di sisi akun yang kamu undang akan masuk sebuah notifikasi bahwa pengguna tersebut mendapatkan undangan Family Sharing. Silahkan terima infitasi tersebut dan kamu sudah terdaftar deh.

Sebagai catatan, ada 3 status dari akun yang ada di sebuah Family Sharing. Pertama Organizer alias yang paling atas – memiliki sistem pembayaran kartu kredit. Kedua adalah Adult yang terdaftar dengan informasi umur dewasa dan ketiga adalah status Child untuk akun iCloud dengan keterangan umur anak-anak, dibawah 13 tahun.

Editor : MakeMac

Latest