Follow Us

Review The Deer God, Perjalanan Karma Seorang Pemburu

Alexius Aditya - Kamis, 03 September 2015 | 17:35
Review The Deer God, Perjalanan Karma Seorang Pemburu

Crescent Moon adalah tim pengembang dibalik The Deer God. Game platformer dengan grafis yang unik, bergaya 3D pixel art. Ketika kebanyakan platformer ditujukan untuk anak kecil karena kontrol dan jalan ceritanya yang dibuat sangat sederhana, berbeda halnya dengan The Deer God, yang justru mempunyai jalan ceritanya yang baik dan dapat dinikmati.

Game platformer adalah game dimana kalian diharuskan untuk membantu karakter melewati platform, ataupun rintangan supaya cerita dapat berlanjut. Tantangan ini biasanya disebut jumping puzzle atau freerunning. Dalam game dengan tipe platformer, mengatur kapan lompatan atau serangan dilakukan adalah hal yang paling penting.

Perjalanan Karma

Pada awal cerita, kalian adalah seorang pemburu yang sedang menunggu rusa buruan untuk ditembak. Tidak lama setelah itu, sang pemburu melihat seekor anak rusa mendekat. Disaat yang bersamaan, tanpa disadari oleh sang pemburu, segerombolan serigala rupanya juga bersiap untuk menerkam sang pemburu. Sang pemburu menembak mati anak rusa, yang kemudian mati diterkam serigala. Ketika sadar, kalian sudah menjadi seekor anak rusa yang sebelumnya telah kalian buru.

Permainan dimulai dengan bermain sebagai seekor anak rusa. Dan sewajarnya seekor rusa, kalian hanya bisa berlari dan melompat saja. Akan ada buah-buahan di sepanjang perjalanan yang dapat dimakan, untuk mengembalikan health poin karaktermu. Selain itu, ada juga hunger poin yang harus diperhatikan. Terlalu lapar maka health poin karaktermu akan ikut berkurang.

Seiring permainan, karakter anak rusa akan berubah menjadi rusa jantan dewasa. Kalian pun nantinya dapat bertemu dengan rusa betina dewasa dan kawin untuk dapat menghasilkan anak rusa. Anak rusa ini dimaksudkan agar setelah karakter rusa jantan mati, kalian dapat melanjutkan permainan dengan menggunakan anak rusa tersebut, semacam checkpoint.

Semuanya Harus Berimbang

Kalian juga dapat menyerang semua benda, hewan ataupun manusia lain yang kalian temui. Hal ini akan berpengaruh pada level karma pada karaktermu. Terlalu sering menyerang dan kalian akan menjadi jahat, begitu juga sebaliknya. Tidak masalah memang ketika karakter kalian masih hidup, tetapi ketika mati, karakter kalian akan berinkarnasi menjadi mahluk lain, yang tidak sehebat rusa.

Elemen karma ini menjadi hal penting dalam game. Semua yang kalian lakukan akan ada konsekuensinya. Semakin lama kalian bertahan hidup, karakter kalian juga akan bertambah hebat dan tentunya akan ada skill baru yang dapat kalian dapatkan. Misalnya saja, karakter kalian akan mendapatkan kemampuan untuk mengeluarkan bola api.

Dimulai dengan anak rusa menjadi rusa jantan dewasa. Rusa jantan dewasa yang menjadi semakin hebat dan nantinya kalian akan bertarung dengan raja yang menjadi penentu nasibmu. Disini kalian harus menggunakan seluruh kemampuan yang telah didapat di sepanjang perjalanan menjadi seekor rusa.

Misi Yang Terlihat Mudah, Ternyata Justru Menyulitkan

Walaupun memiliki jalan cerita yang unik, terkadang misi yang harus dijalankan sama sekali tidak membutuhkan skill. Seperti pada misi dimana saya harus membantu orang tua untuk menemukan kacamata. Disini saya hanya perlu berputar-putar sampai saya berhasil menemukan barang yang dimaksud, yang ternyata berada di dalam semak-semak. Misi ini lebih menguji kesabaran daripada kemampuan.


Baca Juga:

Editor : Alexius Aditya

Latest