Follow Us

Yoink, Pindahkan Dokumen Anti Ribet di Komputer Mac

Bagus Hernawan - Senin, 07 September 2015 | 13:32
Yoink, Pindahkan Dokumen Anti Ribet di Komputer Mac

Sistem operasi OS X memang dikenal dengan manajemen file mudah dan mengacu pada drag and drop. Mungkin itulah kenapa fitur cut secara default tidak diberikan oleh Apple. Meskipun mudah, terkadang metode drag and drop akan terasa ribet sekali, apalagi jika kamu berurusan dengan banyak jendela Finder atau hal semacamnya. Tenang, masalah ini bisa kamu atasi dengan bantuan Yoink.

Secara sederhana, aplikasi ini berfungsi layaknya Dock di OS X untuk menyimpan dokumen, tautan atau teks secara sementara sebelum kamu bawa menaruhnya di tempat lain. Dengan begitu kamu tidak perlu menahan klik dari mouse saat memindah dokumen secara terus-menerus atau menyalin beberapa teks secara bergantian. Penasaran? Yuk intip dulu videonya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Cobain Yoink Langsung!

Silahkan unduh Yoink di Mac App Store atau versi percobaan gratisnya di laman pengembang. Setelah itu buka aplikasi ini dan intip ikon yang ada di menu baru ya. Langkah awal silahkan masuk ke pengaturan Yoink dan tentukan shortcut atau beragam hal lainnya di bagian tersebut. Sudah? Mari langsung cobain!

Aktifkan Yoink dari cara cepat yang sudah kamu tentukan. Setelah itu tarik sebuah dokumen dari Finder atau Desktop kamu dengan menekan dan tahan mouse hingga ke jendela Yoink dan lepaskan. Ulangi langkah di atas untuk barisan teks atau tautan dari sebuah web juga boleh.

Sekarang buka posisi baru untuk dokumen kamu, bisa jendela Finder baru, monitor tambahan atau akun Dropbox mungkin di peramban. Panggil lagi Yoink dan seret dokumen dari sana ke tempat barunya. Selesai, dokumen tadi akan hilang dari Yoink dan masuk ke tempat barunya. Mudah kan!

Detail Tampilan Yoink & Fitur Pelengkap

Coba arahkan pointer mouse ke salah satu dokumen tadi, akan tampil 3 ikon kecil yaitu hapus, preview dan ikon gembok. Nah bagian terahir ini berfungsi untuk menahan dokumen kamu agar tidak hilang setelah kamu pindahkan ke tempat tujuan. Bagian ini cocok untuk file gambar atau teks yang ingin selalu kamu simpan dan mudah diakses kapan saja.

Masih di tampilan yang sama, pengguna juga bisa menekan ikon sapu untuk menghapus semua data di Yoink. Atau coba tekan ikon gir untuk masuk ke pengaturan dengan lebih cepat.


Baca Juga:

Editor : MakeMac

Latest