Follow Us

Selamat Datang, iOS 9!

Bagus Hernawan - Kamis, 17 September 2015 | 00:37
Selamat Datang, iOS 9!

Semenjak dikenalkan pada ajang WWDC 2015, tim MakeMac setia mengawal sistem operasi iOS 9 sejak hari pertama hadir di portal Apple Developer. Hari ini, setelah menunggu 3 bulan, Apple resmi merilis iOS 9 versi publik.! Kamu semua yang menggunakan perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang mendukung dapat segera mengunduh pembaruan ini.

Apa Saja yang Baru?

Banyak sekali hal baru yang dapat kamu peroleh di iOS 9. Secara tampilan sih sebetulnya tidak banyak berubah. Ya, tidak sejauh dari iOS 6 ke iOS 7 yang betul-betul berganti ke flat design.

Kali ini Apple lebih berfokus pada peningkatan fitur di setiap aplikasi bawaan dan fitur-fitur baru di iPad. Untuk peningkatan fitur di aplikasi lawas sebut saja app Notes yang mendukung mode checklist, mencatat dalam mode sketsa dan melampirkan foto serta mendukung iCloud sepenuhnya. Ada juga Maps yang kini mendukung mode Transit dan Nearby alias saran tempat menarik terdekat dari posisi kamu.

iCloud Drive

Apple memberikan mode organisir dokumen yang lebih sederhana di iCloud Drive. Akun cloud service ini akhirnya mendapatkan aplikasi terpisah untuk kamu menyimpan, hapus dan kelola setiap folder yang ada di dalamnya. Tentunya hal ini dapat mempermudah para pengguna setia iCloud Drive terutama yang melakukan sinkronisas akun dengan beberapa perangkat.

iPad Akhirnya Mendukung Multitasking

Perangkat iPad yang semakin canggih dan dibekali hardware pilihan, akhirnya mendapatkan dukungan mode multitasking alias menjalankan 2 aplikasi bersamaan.

Tidak sekedar multitasking biasa, ada 3 mode yang diberikan oleh Apple. Yaiut Slide Over, Split View dan yang paling sederhana yaitu Picture in Picture. Penjelasan lengkap untuk ketiganya dapat kamu baca di artikel berikut ini ya:


Baca Juga:

Duet Siri & Proactive Assistant

Si asisten pribadi Siri yang kamu kenal sejak iPhone 4s ini dipoles lagi dengan kecerdasan tambahan. Salah satu yang paling penting adalah integrasi Siri ke fitur Search di perangkat iOS 9. Misalkan kamu dapat meminta Siri untuk mencari foto dari perjalanan minggu lalu di sebuah kota. Semudah ucapan suara saja dan hasil pencariannya akan langsung tampil. Sebagai catatan, Siri juga kini mendukung pencaria dengan teks loh di kolom Search.

Ya, kini kamu dapat memperoleh tampilan Search alias Siri Suggestions di halaman paling kiri dari Home Screen iOS. Bagian ini dapat membantu kamu melakukan perhitungan seperti kalkulator, mengecek nama aplikasi yang ada di App Store, jadwal pertandingan olahraga dan beragam hal lainnya.

Nah beda lagi dengan Proactive Assistant. Fitur ini bisa dibilang tandingan dari Google Now yang berfungsi untuk menyiapkan konten yang mungkin kamu butuhkan – berdasarkan catatan kebiasaan. Seperti peta perjalanan dari catatan kegiata di kalender, informasi penerbangan pesawat, prediksi nama dari orang yang menelpon kamu dan tidak ada di Contacts, atau beragam hal lainnya.

Halaman Selanjutnya

Baca Juga:
1 2

Editor : MakeMac

Latest