Follow Us

Review Skilltree Saga, Beraksi Lewat Strategi

Alexius Aditya - Jumat, 25 September 2015 | 17:00
Review Skilltree Saga, Beraksi Lewat Strategi

Saat pertama kali mendengar nama dari game ini saja, kalian pasti sudah bisa mendapat gambaran bukan? Skilltree Saga adalah sebuah casual turn-based RPG dengan elemen roguelike di dalamnya. Tim pengembang sepertinya sengaja memberi nama game buatannya dengan jujur dan deskriptif. Game ini dibuat oleh tim pengembang Headup Games GmbH & Co. KG.

Casual turn-based RPG adalah game RPG dimana kalian akan bermain dengan komputer secara bergantian. Urutan ini diatur berdasarkan level initiatif setiap karakter ataupun secara acak sama sekali. Pemain dapat memberikan perintah yang akan dijalankan oleh karakter miliknya. Seperti halnya yang dilakukan oleh pemain pertama, pemain lain atau komputer dapat melakukan hal yang sama.

Sedangkan roguelike sendiri adalah sebuah subgenre dari role-playing games. Sistem permainan roguelike dapat dilihat dari adanya level, sistem permainan turn-based, permadeath atau permanent death untuk karakter, dan sistem penceritaan yang biasanya dibawakan melalui narasi saja.

Misi Penyelamatan Yang Gagal

Sebuah game dengan genre turn-based seperti Final Fantasy misalnya, membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dimainkan. Pemain harus dapat melihat dan mengenali progress dari karakter yang dimiliki. Dibutuhkan ketelitian dan kejelian lebih dari pemain karena game dengan genre ini penuh dengan statistik. Status para karakter, meliputi health point, jumlah serangan dan kekuatan serangan yang dihasilkan semua ditunjukan dengan angka.

Petualangan dimulai saat gerombolan orcs dan goblin menyerang kota Griffinsford. Lebih buruknya lagi, putri kesayangan dari Baron Griffontrue ikut menjadi korban dan diculik. Tidak terima anaknya diculik, Baron Griffontrue ikut mengejar ke dalam hutan. Sesampainya di tengah hutan, alih-alih dapat menyelamatkan putrinya, Baron Griffontrue justru dikepung oleh segerombolan goblin dan saat itulah seseorang yang misterius datang membantu.

Kalian akan berperan menjadi Baron Griffontrue yang dilatih oleh sang guru yang misterius supaya berhasil untuk menyelamatkan putri kesayangan kalian.

Ada tiga pilihan karakter yang dapat kamu pilih; human, elf dan dwarf. Setiap karakter ini mempunyai status yang berbeda. Human misalnya mempunyai status yang kuat pada serangan, sedangkan elf memiliki status yang lebih pada tingkat kepintaran.

Di sepanjang permainan, kalian akan melewati pertarungan dengan musuh yang acak. Musuh yang kalian kalahkan nantinya akan menjatuhkan emas ataupun barang. Emas dapat digunakan untuk membeli senjata atau aksesoris yang dapat membantu karaktermu untuk berpetualang lebih jauh. Jika dirasa emas yang didapat belum cukup, kalian dapat menjual barang yang kamu dapat setelah mengalahkan musuh di toko.

Aksesoris dari karakter membantu untuk menaikkan status dari karakter, memberikan pemain kemungkinan yang lebih untuk menang dalam pertarungan. Selain mendapatkan barang saat setelah mengalahkan musuh, karakter kalian juga akan naik level. Semakin tinggi level karakter, maka skill yang dapat dipakai untuk bertarung menjadi semakin banyak.

Beradapatasi Dengan Serangan Musuh

Tidak ada kontrol lain di game ini selain tap. Semuanya terjadi secara otomatis, termasuk sistem kombat. Letak keunikan dari Skilltree Saga adalah saat kombat terjadi, pemain dapat mengatur skill yang sudah dipersiapkan untuk membunuh musuh.

Pemain dapat mengambil keuntungan dalam sistem kombat ini. Karena gerakan musuh terjadi secara runtun dan berulang, maka pemain dapat mengatur skill yang akan dikeluarkan sesuai dengan serangan musuh. Misalnya saja, ketika musuh mulai menghindar dari serangan kita pada gerakan keempat, maka kita harus menyerang dengan skill yang kita miliki pada gerakan ketiga, sebelum musuh sempat menghindar.

Kalian dapat mengatur pada gerakan ke berapa skill harus dikeluarkan, atau sengaja mengosongkannya. Berbagai macam kemungkinan strategi ini yang membuat Skilltree Saga tetap menyenangkan untuk dimainkan.

Editor : Alexius Aditya

Latest