Follow Us

4 Games MOBA Terbaik di iPad, iPhone, dan iPod touch

Alexius Aditya - Senin, 28 September 2015 | 16:04
4 Games MOBA Terbaik di iPad, iPhone, dan iPod touch

Dari sekian banyak jenis game yang terdapat di App Store, game dengan genre MOBA adalah yang paling sedikit kita temui. Tetapi, pada beberapa tahun terakhir, banyak tim pengembang mulai melirik genre ini. Mereka mencoba membangkitkan genre ini supaya kembali dapat bersaing dengan yang lain.

Sedikitnya game dengan genre MOBA ini sebenarnya bukan karena genre tersebut tidak populer. Tetapi lebih kepada sulitnya memasukkan banyak konten sekaligus ke dalam layar yang jauh lebih kecil.

MOBA adalah singkatan dari multiplayer online battle arena adalah sebuah genre dimana para pemain terbagi menjadi dua tim dengan jumlah masing-masing pemain dari tiap tim adalah tiga orang sampai dengan lima orang. Pembagian ini sifatnya acak. Tujuan utama dari pertandingan adalah untuk menghancurkan kristal yang berada di markas tim lawan.

Vainglory

Jika kalian menonton Apple event pada September tahun lalu, nama Vainglory pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Vainglory adalah game yang dikenalkan oleh tim pengembang Super Evil Megacorp. Mereka memperkenalkan kehebatan Vainglory yang dibuat dengan bantuan Metal, teknologi grafis terbaru dari Apple.

Jujur saja, pada awalnya saya sempat pesimis dengan game ini. Karena biasanya game yang diperkenalkan di Apple event selalu gagal dirilis. Tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk Vainglory. Game ini mempunyai grafis yang sangat baik, kontrol yang mudah dipelajari, dan adanya gameplay yang solid. Vainglory membuktikan bahwa sebuah mobile game dapat bersanding setara dengan game PC.

Pemain terbagi menjadi dua tim, masing-masing terdiri dari tiga pemain. Ada 16 karakter yang dapat kamu mainkan. Kalian dapat membeli aksesoris di toko, untuk memperkuat hero, akan ada beberapa monster di hutan yang dapat kamu bunuh untuk mendapatkan uang tambahan, dan juga banyak minion yang akan membantu tim untuk menghancurkan menara milih tim lawan. Hero kalian akan mendapatkan poin karma setiap menyelesaikan satu pertandingan, dan kehilangan poin tersebut apabila kalian meninggalkan pertandingan.

Bagi kalian yang merupakan penggemar berat Dota 2, maka kemungkinan besar kalian akan menyukai game ini. Atmosfer permainan pada Vainglory hampir mirip dengan game Dota 2 untuk komputer. Vainglory tersedia untuk iPhone, iPad dan iPod touch.

Download Vainglory 5V5 · Harga: Gratis

Fates Forever

Pesaing berat Vainglory, adalah Fates Forever, yang dibuat oleh tim pengembang Hammer & Chisel. Ketika karakter pada game Vainglory lebih bergaya steampunk, karakter pada Fates Forever seperti berasal dari dunia fantasi, terlihat lebih kartunis, karena karakternya berwarna mencolok. Ini yang membuat game ini unik, tidak seperti game MOBA lainnya.

Peraturan untuk bermain cara pembagian tim masih sama. Ada enam jumlah pemain yang terbagi menjadi dua tim, masing-masing tiga pemain. Pemain dapat memilih satu dari 14 hero yang telah disediakan. Akan ada para minion sebagai bantuan untuk para hero dan hutan yang berada di tengah arena pertarungan sebagai tempat dimana kalian dapat membunuh monster-monster kecil untuk mendapatkan uang tambahan. Berbeda dengan Vainglory yang hanya mempunyai satu jalur saja, Fates Forever mempunyai dua jalur, tanpa jalur tengah. Kalian harus memikirkan strategi yang berbeda untuk bermain game ini supaya tidak terjebak di tengah pertarungan dan mati sia-sia.

Tidak hanya itu, sistem komunikasi pada Fates Forever bisa dibilang sangat baik. Alih-alih menggunakan emoticon ataupun chat message yang biasanya terdapat pada MOBA untuk komputer, disini kalian dapat menggunakan voice chat dalam game untuk berkomunikasi. Keren bukan?

Fates Forever sayangnya hanya tersedia untuk iPad saja, dan tidak akan dibuat untuk iPhone. Tim pengembang bilang bahwa sulit untuk memaksakan semua konten baik ke dalam layar yang kecil, dan saya setuju untuk hal ini. Kalian akan lebih menikmati game ini di layar iPad yang lebih besar karena kendalinya yang memang sudah disesuaikan sedemikian rupa untuk nyaman dimainkan pada tablet.

Halaman Selanjutnya

Download · Harga:
1 2 3

Editor : MakeMac

Latest