Follow Us

15 Fitur Favorit di iOS 9 yang Wajib Kamu Coba

Bagus Hernawan - Selasa, 29 September 2015 | 19:03
15 Fitur Favorit di iOS 9 yang Wajib Kamu Coba

Sistem operasi iOS 9 sudah dirilis untuk publik sejak tanggal 16 September 2015 lalu. Setelah cukup puas mencoba beragam halnya, saya ingin berbagi beberapa diantaranya yang paling menarik – dan tentunya membantu kegiatan sehari-hari. Berikut ini 15 fitur favorit di iOS 9, bisa kamu coba di iPad ataupun iPhone ya!

1. Font dan Multitasking Tentu Saja!

Untuk kamu yang belum tahu, iOS 9, Apple Watch serta OS X El Capitan mengusung font San Fransisco. Perubahan ini diberikan untuk memberikan tampilan yang lebih jelas dan tegas, terutama untuk layar dengan dukungan Retina Display.

Lanjut ke Switching Task, mode yang biasa digunakan dengna cara menekan Home Button 2x ini juga mendapatkan wajah baru. Tampilannya bertumpuk seperti lembaran buku, membuat kamu lebih cepat ketika menhapus aplikasi dari background.

Nah untuk bagian multitasking alias melihat 2 aplikasi dalam 1 layar, Aple memberikan mode ini untuk iPad. Ada 3 jenis yaitu Slide Over, Split View dan Picture in Picture. Informasi lengkapnya dapat kamu cek di laman kupas tuntas multitasking iPad.

2. Pencarian di App Settings

Akhirnya Apple mengadopsi fitur yang sudah sejak lama ada di System Preferences pada pengguna komputer Mac. Ya, kini kamu dapat melakukan swipe dari tengah layar ke bawah pada app Settings untuk menampilkan kolom Search. Ketikkan saja salah satu fitur yang ada di bagian cukup dalam pada mode pengaturan – AssitiveTouch misal. Tekan dan selamat, kamu sudah tiba di halaman pengaturan Assitive Touch.

3. Low Power Mode

Tidak asal gembar-gembor saja, saya sudah membuktikan bahwa iOS 9 berhasil membuat penggunaan baterai lebih hemat. Salah satu kuncinya adalah mode Low Power Mode yang ada di bagian Settings > Battery.

Aktifkan mode ini jika kamu perlu menghemat baterai, sudah menunjukkan indikator merah misalnya. Sebagai catatan, beragam fitur pendukung akan otomatis dimatikan jika masuk ke Low Power Mode (menarik email dari server, background app refresh, automatic downloads dan beberapa lainnya). Nantinya jika kamu menghubungkan perangkat iPhone ke charger dan mengisi daya hingga penuh, mode ini dapat otomatis mati. Menarik kan!

Catatan: Low Power Mode tidak tersedia di perangkat iPad ya

4. Kustomisasi AssitiveTouch

Kini kamu dapat mengatur tampilan menu yang ada di tombol virtual Assitive Touch. Akses saja dari Settings > General > Accessibility > AssitiveTouch > Customize Top Level Menu.

Silahkan tambah, kurangi atau ubah susunan menu di bagian itu dengan selera dan kebutuhan kamu ya! Saya sendiri hanya menyisakan fungsi Home, Siri, Control Center dan menambahkan mode Screenshot.

5. Pengaturan Huruf Kapital

Kini kamu tidak perlu bingung lagi apakah keyboard kamu ada dalam mode huruf kapital atau biasa. Atur saja dari mode Settings > General > Keyboards > Character Preview ON.

Dengan pengaturan ini, tuts keyboard akan menampilkan mode huruf besar dan kecil secara langsung. Dijamin deh gak takut salah lagi!

Editor : Bagus Hernawan

Latest