Follow Us

Review HoPiKo, Menyelamatkan Dunia Game Dari Virus

Alexius Aditya - Senin, 05 Oktober 2015 | 15:27
Review HoPiKo, Menyelamatkan Dunia Game Dari Virus

Apa yang akan kamu lakukan jika sebuah game milikmu terkena virus? Berusaha menyelamatkannya tentu saja! Lalu bagaimana caranya untuk membunuh virus tersebut agar game terselamatkan? Menabraknya hingga hancur.

Saya tidak yakin bahwa itulah yang benar-benar terjadi. Tapi sepertinya begitulah cara membasmi virus pada game ini. Game yang saya maksudkan adalah HoPiKo. Game besutan tim pengembang Laser Dog yang sebelumnya telah sukses dengan ALONE…, sebuah game endless runner yang mengusung desain minimalis.

HoPiKo adalah game twitch platformer yang berarti, game ini menguji seberapa cepat reaksi dari pemain. Waktu reaksi dari pemain adalah hal yang penting yang harus pemain miliki, semakin cepat, semakin baik. Contoh lain dari game yang juga termasuk game twitch platformer adalah Tetris® Blitz.

HoPiKo Penyelamat

Dunia game sebenarnya dijalankan dan dijaga oleh sekumpulan HoPiKo. Karena mereka lah, game dapat berjalan sebagaimana-mestinya. Semuanya berjalan baik sampai pada suatu ketika, virus tiba-tiba datang. Kedatangan ini tentunya bukan untuk membantu, melainkan menangkap para HoPiKo sehingga membuat game tidak dapat dimainkan. Berita buruk untuk para gamer karena mereka akan sedih ketika tidak ada lagi game yang dapat dimainkan.

Tentu saja ini bukan akhir dari segalanya. Masih ada harapan lain, karena ternyata, ada satu HoPiKo yang tidak berhasil ditangkap oleh para virus. Kalian akan membantu mengembalikan dunia game dengan berperan sebagai HoPiKo yang selamat. Tugas kalian hanya satu, menabrak inti virus yang dilambangkan oleh kotak merah di layar hingga hancur.

Akan ada misi lain yang dapat kalian selesaikan, yaitu mengumpulkan musik latar. Misi ini bukan termasuk misi utama, jadi sifatnya opsional. Kalian dapat sekaligus menyelesaikannya saat menjalankan misi utama, atau meninggalkannya sama sekali. Tidak masalah apapun yang kalian pilih karena hal tersebut tidak ada efeknya langsung bagi misi utama. Musik latar yang kalian kumpulkan, nantinya dapat kalian gunakan saat bermain.

Grafis yang diberikan bergaya pixelated dengan dentuman musik bergaya vintage seperti yang berasal dari komputer lama. Kalian penyuka musik 8-bit alias chiptune akan sangat dimanjakan dengan musik latarnya karena keseluruhan musik pada HoPiKo adalah musik chiptune, yang dibuat langsung dari Game Boy.

Tahan, Arahkan, lalu Tembak!

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Mengendalikan HoPiKo cukup mudah saja. Kalian hanya harus tahan dan arahkan, lalu tembak HoPiKo ke arah yang dituju. Sayangnya HoPiKo mempunyai kelemahan, dia hanya dapat meluncur ke satu arah dan tidak dapat berbelok. Oleh karena itu, kalian tidak dapat begitu saja mengarahkan HoPiKo ke arah inti virus.

Tidak perlu khawatir, akan ada tembok yang akan membantu HoPiKo untuk berbelok arah. Hanya saja, kalian harus melakukannya dengan cepat. Telat sedikit saja, maka HoPiKo akan meledak dan permainan pun usai. Kalian akan diberikan tiga kali kesempatan untuk menyelesaikan lima stage dalam satu level. Kesalahan yang kalian lakukan dalam salah satu stage berarti kalian harus mengulangi level tersebut dari awal stage pertama.

Selain tembok pembantu, akan ada tembok penghalang yang bertugas mempersulit langkah kalian untuk menghancurkan inti virus. Tembok pembantu akan ditandai dengan warna putih, sedangkan tembok penghalang akan ditandai dengan warna merah.

Editor : MakeMac

Latest