Follow Us

Cara Membuat Bootable Installer OS X El Capitan di USB Flash Drive

Bagus Hernawan - Jumat, 02 Oktober 2015 | 14:31
Cara Membuat Bootable Installer OS X El Capitan di USB Flash Drive

Semenjak OS X El Capitan tersedia untuk publik, banyak yang ingin segera untuk mengunduh dan instal. Namun tidak sedikit juga yang bertanya bagaimana cara membuat bootable installer USB untuk OS X El Capitan. Nah sebelum masuk ke tutorial, saya jelaskan dulu ya sepintas tentang bootable installer USB untuk OS X El Capitan.

Mengenal Bootable Installer

Semenjak OS X Lion, Apple tidak lagi menjual sistem operasinya dalam bentuk DVD. Di masa awal sih mereka memberikan OS X Lion Recovery Drive secara gratis dalam paket penjualan. Flash Drive ekslusif ini berisi file instalasi untuk pengguna MacBook Air dan MacBook Pro Retina karena tidak ada slot DVD. Fungsi utamanya adalah melakukan clean instal tanpa perlu mengunduh ulang dokumen OS X yang ukurannya lebih dari 5GB.

Fungsi lain yang gak kalah penting adalah melakukan beragam pengaturan di Disky Utility seperti Repair Disk Permission atau juga dapat melakukan Reset Password via Terminal.

Nah semakin kesini, pengguna juga bisa membuat bootable USB sendiri sebetulnya. Syaratnya mudah saja, sebuah Flash Drive minimal 8 GB dan juga file Installer OS X yang dapat diunduh dari Mac App Store. Bagaimana cara membuat bootable OS X ke Flash Drive kamu? Ada 2 cara yang saya tahu, via Terminal dan menggunakan bantuan aplikasi DiskMakerX

Via Terminal, Cukup Ribet..

Di laman Apple Support sebetulnya sudah ada tutorial untuk membuat Flash Drive kamu menjadi bootable installer. Konsepnya sederhana saja, kamu harus mengunduh installer OS X tersebut di komputer Mac lalu panggil Terminal dan menjalankan tools createinstallmedia.

Tools ini berfungsi untuk menyalin file installer kamu dan menghilangkan proses 2 langkah instalasi menjadi sebuah langkah bootable saja. Berikut ini kutipannya:

To learn how to use createinstallmedia, use the following command in Terminal:

OS X El Capitan

/Applications/Install\ OS\ X\El\ Capitan.app/Contents/Resources/createinstallmedia
Example:

Baca Juga:

Langkah Mudah, via DiskMakerX

Ini dia favorit saya, gunakan aplikasi pihak ketiga, DiskMaker X! Dengan aplikasi gratisan dan berukutran kecil ini, semua langkah tadi akan disederhanakan dengan menekan beberapa tombol saja. Berikut ini langkahnya:

1 2

Editor : MakeMac

Latest