Follow Us

Kupas Tuntas Disk Utility di OS X El Capitan

Bagus Hernawan - Senin, 12 Oktober 2015 | 13:12
Kupas Tuntas Disk Utility di OS X El Capitan

Sistem operasi OS X El Capitan memang rasanya tidak banyak memberikan perubahan. Namun jika ditilik lebih lanjut, ada salah satu aplikasi yang benar-benar punya wajah baru yaitu Disk Utility. Untuk kamu yang masih bingung dengan beberapa hal di aplikasi bawaan yang ada di Applications > Utilities ini, yuk kita bahas secara tuntas!

Disk Utility El Capitan – Wajah Baru, Pangkas Fitur

Semenjak saya mengenal OS X Leopard (10.5) hingga OS X Yosemite (10.9), wajah Disk Utility tidak pernah berubah. Fiturnya juga kurang lebih sama – berhubungan dengan formating kapasitas penyimpanan, perbaikan data yang bermasalah dengan Disk Aid atau memperbaiki permissions dari sebuah system files. Bahkan kamu juga bisa membuat bootable installer OS X via USB hanya menggunakan aplikasi ini. Ada yang berpengalaman dengan hal tersebut?

Nah di OS X El Capitan ini Disk Utility diberi wajah baru – serta dikurangi fiturnya. Oke mari kita bahas dengan wajah barunya dulu.

Wajah Baru yang Berwarna

Tampilannya tetap menggunakan 2 kolom. Sebelah kiri adalah list kapasitas penyimpanan internal dan eksternal, bagian kanan adalah detail info dari media yang kamu pilih. Sedangkan di bagian atas adalah deretan fitur yang dapat diakses pengguna. Yaitu First Aid, Partition, Erase, Mount dan Info.

Lanjut ke kolom sebelah kanan. Bagian ini pasti mengingatkan kamu dengan fitur lain yang ada di OS X. Ya, mirip dengan bagian About This Mac > Storage, kini kamu akan mendapatkan tampilan berwarna untuk kalkulasi penggunaan kapasitas penyimpanan.

Loh Mana Fitur Repair Disk Permission?

Fitur Repair Disk Permissions yang biasa saya andalkan jika menemui masalah di OS X, kini sudah resmi hilang. Ya, Apple menghapusnya dari Disk Utility di OS X El Capitan ini. Apalagi jika bukan karena fitur keamanan Rootless yang menyebabkan beragam system files tidak bisa sembarangan diakses – termasuk masalah permission files. Menurut catatan di Apple Support, fitur tersebut tidak lagi diperlukan pengguna karena sudah dilindungi alias kecil kemungkinan error.

Beginning with OS X El Capitan, system file permissions are automatically protected. It’s no longer necessary to verify or repair permissions with Disk Utility.


Baca Juga:

Fitur Lain yang Juga Hilang

Selain Repair Disk Permission, pengguna juga akan kehilangan fitur Burn Disc di Disk Utility. Wajar sih karena sekarang sudah banyak komputer Mac yang meniadakan slot super drive lagi. Namun tenang, kamu masih dapat menjumpai fitur ini di Finder. Tinggal klik kanan dokumen atau folder yang ingin disalin ke DVD lalu pilih Burn.

Lanjut ke fitur Erase, kabarnya perangkat media penyimpanan internal dengan tipe SSD tidak lagi mendukung Secure Erase. Menurut catatan dari Apple, metode Erase biasa saja di Disk Utility sudah cukup untuk mengamankan data yang kamu hapus dari proses recovery data.

Editor : MakeMac

Latest