Follow Us

Apple Diam-Diam Merilis Program Perbaikan MacBook Pro Layar ‘Staingate’

Bagus Hernawan - Senin, 19 Oktober 2015 | 12:14
Apple Diam-Diam Merilis Program Perbaikan MacBook Pro Layar ‘Staingate’

Apakah ada pembaca MakeMac yang mendapatkan masalah dengan tampilan lapisan pelindung (coating) layar MacBook Pro Retina Display? Penyakit yang dijuluki ‘Staingate’ ini akhirnya mendapatkan perhatian dari Apple.

Menurut laman MacRumors, Apple akan memberikan perbaikan secara gratis untuk produk MacBook atau MacBook Pro Retina Display dengan masalah di bagian anti-reflective coating tersebut. Masa berlaku program ini dimulai dari 16 Oktober 2015 hingga setahun ke depan. Atau 3 tahun setelah tanggal pembelian produk kamu – tergantung mana yang lebih panjang.

Apple will replace Retina displays on affected MacBook or MacBook Pro models for free within three years from the date of original purchase, or one year from October 16, 2015, whichever is longer. Affected customers that have already incurred out-of-warranty costs may be eligible for a refund through AppleCare support

Nah ada yang sedikit berbeda untuk masalah kali ini. Hingga berita ini saya tuliskan, Apple tidak memberikan laman pengumuman resmi di Apple Support. Namun menurut sumber berita, pihak Apple akan langsung menghubungi pengguna – via email mungkin – kepada pelanggan yang diperkirakan mengalami masalah tersebut.

Apple does not currently plan on announcing the Quality Program publicly on its support website, according to sources, but may contact some customers directly.

Berpindah ke laman Staingate.org yang selama ini memperjuangkan masalah tersebut, ada beberapa laporan menarik yang didapatkan. Yaitu para pengguna yang mengalami masalah ini berhasil memperoleh penggantian layar – tentunya secara gratis. Syaratnya tentu saja kamu harus menghubungi Apple Store atau Apple Authorized Service Provider terdekat yang mendukung program tersebut.


Baca Juga:

Sedikit mundur ke belakang, masalah Staingate sempat viral sekitar awal tahun 2015 ini. Banyak sekali pengguna di penjuru dunia yang mengeluhkan bahwa coating di layar MacBook Pro Retina Display seperti terkelupas. Hal ini bisa terjadi karena tertekan dengan keyboard terlalu kuat saat posisi menutup, kesalahan dalam penggunaan cairan pembersih layar atau memang cacat produksi yang terjadi di produk Apple.

Tim MakeMac belum mendapatkan informasi apakah Apple Authorized Service Provider di Indonesia sudah mendukung program perbaikan ini. Artikel ini akan segera saya update jika sudah memperoleh informasi terkait.

Adakah pembaca MakeMac yang mengalami problem Staingate? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Latest