Follow Us

Selamat Ulang Tahun ke-14, iPod!

Bagus Hernawan - Senin, 26 Oktober 2015 | 18:26
Selamat Ulang Tahun ke-14, iPod!

Steve Jobs resmi mengenalkan iPod di tanggal 23 Oktober 2001, tepatnya 14 tahun lalu dalam Apple Special Event akhir tahun. Petinggi Apple yang telah berpulang ini menyebutkan iPod sebagai revolusi dunia musik digital terbesar di jaman tersebut.

Ya, bagaimana tidak. Di era tersebut iPod pertama (kapasitas 5GB) sudah bisa menampung 1000 lagu, 10 jam waktu penggunaan dan mendukung fitur sinkronisasi dengan iTunes Music manager. Sebelum membahas lebih lanjut tentang iPod dari masa awal hingga sekarang, silahkan simak video Apple Event ini yuk!

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Era Awal iPod

Perangkat iPod pada 3 tahun awalnya dirilis dalam bentuk yang masih sangat kaku. Menggunakan warna putih dan cukup tebal, layar monochrome serta kabel data Firewire 400 to USB – membuatnya kurang familiar bagi pengguna komputer non Mac.

Dari sejarahnya, ada 3 jenis iPod mulai dari 2001 hingga 2003 yaitu iPod 1st Gen, iPod 2nd Gen dan iPod 3rd Gen. Masing-masing menggunakan kapasitas penyimpanan mulai dari 5GB hingga 40GB. Menurut saya yang paling unik adalah iPod 3rd Gen karena menggunakan 4 tombol di bagian atas click wheel dan tidak diteruskan lagi pada generasi berikutnya.

Makin Diminati, Makin Bervariasi

Generasi berikutnya adalah iPod Mini – sesuai namanya bentuk si Mini lebih kecil dan menggunakan Hard Drive 4GB saja. Ada 2 generasi iPod Mini yang dirilis selisih 1 tahun, secara kasat mata memang sama hanya ada beberapa perbedaan secara kosmetik saja.

Saya masih menyimpan iPod Mini hingga sekarang. Di perangkat ini saya belajar bagaimana Apple terus berporoses dan memberikan inovasi. Sebut saja ketika kamu mencabut earphone di iPod Mini, lagu masih tetap diputar – kesalahan yang akhirnya diperbaiki pada generasi berikutnya.

Masih di era 2004, Apple merilis iPod Classic generasi 4 dengan ukuran 20 GB. Ini menjadi era pertama perangkat iPod yang mendukung mode menyimpan gambar dan diteruskan menyimpan video pada tahun berikutnya.

Varian baru terus dikeluarkan – iPod yang lebih ekonomis dan tanpa layar yaitu iPod Shuffle. Saya masih ingat Steve Jobs saat mengenalkan perangkat ini yang dilengkapi dengan tali dan mirip perangkat USB Flash Drive. Berikut ini videonya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Editor : Bagus Hernawan

Latest