Follow Us

Menjadi Agen Rahasia 60-an di Agent A: A puzzle in disguise

Alexius Aditya - Selasa, 03 November 2015 | 18:59
Menjadi Agen Rahasia 60-an di Agent A: A puzzle in disguise

Sebuah film tentang agen rahasia biasanya diperankan oleh seorang lelaki misterius yang selalu bertindak dengan hati-hati. Seorang agen rahasia juga tentunya akan melakukan segala sesuatunya dengan rahasia, cepat, dan tanpa kesalahan.

Ide yang sama sepertinya diambil oleh tim pengembang Yak & co untuk membuat game puzzle dengan tema mata-mata. Berjudul Agent A: A puzzle in disguise, pemain diajak untuk menjadi seorang agen rahasia. Dengan atmosfer tahun 60-an, tim pengembang Yak & co mencoba untuk memberikan pengalaman bagi pemain tentang bagaimana seorang agen rahasia jaman dulu bekerja.

Menguak Misteri Dibalik Hilangnya Agen Rahasia

Agent A: A puzzle in disguise bercerita tentang sebuah agen rahasia yang berusaha mengungkap siapa pelaku sebenarnya dibalik menghilangnya para agen. Hampir semua agen rahasia yang bekerja bersama dengan kalian menghilang secara tiba-tiba karena kehadiran wanita misterius ini.

Kalian bermain sebagai Agen A. Satu-satunya agen rahasia yang mungkin dapat memecahkan misteri ini. Berbekal satu petunjuk yang cukup vital yaitu nama sang agen rahasia, kalian berusaha membuntuti Ruby La Rouge, demikian sang agen rahasia musuh ini dipanggil.

Akhirnya kalian berhasil menemukan persembunyian dari Ruby La Rouge yang ternyata sama sekali tidak tersembunyi. Rumah mewah yang berada jelas di pinggiran laut itu justru menjadi tempat persembunyian sang musuh. Tugas kalian adalah mencoba untuk masuk dan menemukan berbagai petunjuk untuk menemukan Ruby La Rogue.

Berbagai macam puzzle mulai muncul saat kalian menginjakkan kaki di pintu masuk rumah Ruby La Rogue. Ketika game puzzle lain biasanya hanya mengandalkan keberuntungan saja, maka di game ini kalian harus benar-benar memutar otak. Tidak ada batasan untuk berapa kali kalian mencoba, sehingga kalian dapat secara acak mencoba semua hal. Tetapi tentunya hal ini hanya akan membuang waktu saja. Kalian diajak untuk lebih menggunakan logika, seperti selayaknya seorang agen rahasia beraksi.

Akan ada total 15 ruangan yang dapat kalian periksa dan teliti, berisi 30 peralatan yang dapat membantumu untuk memecahkan 20 puzzle berbeda. Game ini di desain sedemikian rupa untuk dapat menciptakan kesan klasik yang kental. Sehingga mata kalian akan disuguhi dengan berbagai macam objek yang cukup detail dan tetap menyenangkan.

Tampilan Minimalis Berkesan Retro

Tidak ada yang spesial untuk kendali, namun tampilan dari menu permainan menggunakan desain minimalis sehingga memunculkan kesan klasik. Hanya ada satu tombol di ujung kiri atas layar untuk kembali ke ruangan sebelumnya. Bagian kanan layar berisi berbagai macam peralatan yang telah ditemukan oleh pemain, sebagai peralatan untuk memecahkan masalah. Singkatnya, bagian layar kanan adalah tampilan inventory dari pemain.

Jalan Cerita Yang Baik, Namun Cukup Singkat

Tidak banyak hal yang dapat disebut kekurangan pada Agent A: A puzzle in disguise. Tetapi ada dua hal yang paling mencolok, yaitu gameplay yang singkat dan tidak adanya replay value. Puzzle yang disajikan memang terkadang sangat menguras logika, membuat pemain harus memutar otak lebih. Namun demikian, saya dapat menyelesaikan game ini dengan sekali duduk saja. Saya berharap untuk ke depannya, tim pengembang akan menambahkan lebih banyak konten, serta adanya achievement yang lebih banyak lagi.

Baca Juga:

Kesimpulan

Agent A: A puzzle in disguise adalah sebuah game puzzle yang baik dan solid. Dimulai dari segi ceritanya yang membuat pemain selalu penasaran, atmosfer pada game menggambarkan sebagaimana tempat dan lokasi agen rahasia tahun 60-an bekerja, ditambah lagi dengan grafis bergaya kartun yang membuat sepanjang permainan tetap terasa ceria.

Game ini benar-benar cocok untuk kalian pecinta game puzzle. Sebagian puzzlenya memang terlihat mudah, tetapi sebagian lainnya bahkan akan memaksa kalian untuk gigit jari mencari sebuah petunjuk, yang mungkin saja terlewat karena kurang teliti. Saya juga merekomendasikan game ini untuk kalian yang tidak menyukai game puzzle, tetapi menginginkan game dengan tantangan yang nyata, yang membutuhkan kejelian untuk melewatinya. Agent A: A puzzle in disguise adalah sebuah game universal yang berarti kalian dapat memainkan game ini di iPhone maupun iPad.

Editor : MakeMac

Latest