Follow Us

(Video) Teknik Upgrade Memori iPhone 16GB Jadi 128GB

Andri Alfansyah - Kamis, 05 November 2015 | 14:01
(Video) Teknik Upgrade Memori iPhone 16GB Jadi 128GB

Kabar mengenai mudahnya tukang oprek ponsel di Tiongkok mengganti memori iPhone 16GB menjadi 128GB kemarin sontak menjadi sangat viral dan memunculkan perdebatan di lini masa media sosial.

Menyusul kabar tersebut, kini beredar video menarik bagaimana teknisi ponsel di Tiongkok melakukan penggantian memori iPhone 6 dan iPhone 6 Plus 16GB menjadi 128GB dengan sangat mudahnya.

Sayangnya, video tersebut berbahasa Mandarin dan terlihat seorang pria pergi ke sebuah pusat elektronik untuk menunjukkan cara mengganti memori iPhone 6 miliknya di sebuah toko reparasi iPhone.

Berkat bantuan rekan kami, Toni Lee, diketahui tempat penggantian NAND flash iPhone 6 dari video itu dilakukan oleh seorang tukang reparasi iPhone bernama Zhang yang bekerja di pusat elektronik terbesar yaitu Zhongguancun, Beijing. Terlihat juga berbagai peralatan khusus dan cukup banyak digunakan si teknisi.

Adapun langkah pertama penggantian adalah memastikan semua fungsi berjalan normal, tidak ada yang disfungsional. Setelah itu lakukan flashing ulang iOS iPhone dan tidak boleh ada error sedikit pun. Setelah berjalan lancar dan diaktivasi, baru bisa dilakukan modifikasi NAND flash.

Ternyata memori NAND flash bisa menggunakan memori merek SanDisk 128GB. Komponen yang perlu dibongkar hanya Logic Board. Perlu dicatat, pelepasan NAND flash cukup beresiko karena PCB cukup tipis oleh karena itu memerlukan keahlian tinggi.

Setelah proses pelepasan NAND Flash selesai, NAND Flash harus dibersihkan dan ditanam bola timah menggunakan alat khusus. Lalu diberi lem khusus agar lebih kuat menempel di logic board.

Selanjutnya proses penyolderan kembali NAND Flash ke logic board diperlukan kemampuan yang bagus supaya tak meninggalkan sisa-sisa timah yang menempel di logic board.

Usai NAND Flash dilepas, NAND Flash baru harus di-flash menggunakan program khusus untuk memasukkan informasi macam nomer IMEI, Serial Number (SN) dan MEID dari NAND Flash lama.

Terakhir, logic board dipasang kembali ke iPhone dan iPhone di-flash ulang lagi. Apabila muncul kata “Hello” di layar iPhone, berarti proses penggantian NAND flash baru berhasil dilakukan

Ini videonya:

Editor : Andri Alfansyah

Latest