Follow Us

Review Afterpulse, Bermain Games FPS ala Counter Strike di iPhone, iPad

Alexius Aditya - Selasa, 17 November 2015 | 17:39
Review Afterpulse, Bermain Games FPS ala Counter Strike di iPhone, iPad

Bukan untuk pertama kalinya tim pengembang GAMEVIL membuat game yang ditujukan untuk iOS. Mereka sebelumnya telah merilis game RPG dengan judul Zenonia dan game bertema olahraga seperti Baseball Superstars. Namun baru kali ini tim pengembang mulai mencoba merambah ke genre baru, mencoba genre game yang penuh dengan aksi tembak-menembak bernama Afterpulse.

Afterpulse adalah sebuah game first-person shooter. Pemain akan bermain bersama orang lain maupun musuh AI, menggunakan pistol dan senjata lainnya lewat perspektif orang pertama, dengan begitu pemain akan melihat secara langsung semua hal yang terjadi melalui mata dari karakter yang sedang dikendalikan.

First-person shooter adalah bagian dari sebuah game aksi. Walaupun mungkin dirasa tidak terlalu populer untuk iOS, genre ini sangat populer untuk dimainkan di PC. Counter-Strike dan Call of Duty adalah game dengan genre first-person shooter paling populer di dunia saat ini.

Lari, Bidik, dan Tembak!

Permainan dibagi menjadi dua bagian; training dan multiplayer battle. Training adalah melawan musuh AI, dan seperti namanya disini diharapkan pemain dapat berlatih. Mulai dari pengenalan kontrol, bagaimana menguasai map dan mengerti tempat dimana musuh biasanya datang, hingga belajar bagaimana menggunakan senjata. Semuanya ini ditujukan agar nantinya pemain siap untuk melawan musuh asli, atau pemain lain.

Multiplayer battle sendiri berarti kalian akan bermain melawan dengan musuh yang nyata, yaitu para pemain lain di seluruh dunia. Butuh sedikit penyesuaian karena biasanya reflek pemain, terutama pemain veteran, jelas akan lebih baik daripada pemain baru. Logika berarti taktikal pemain asli juga berbeda dengan para musuh AI yang rentan hanya diam di tempat jika ditembak.

Lari, bidik, tembak, lalu cari persembunyian untuk mengisi ulang senjatamu, begitu saja seterusnya. Ini adalah inti permainan Afterpulse. Terdengar membosankan? Mungkin saja, tapi memang hanya itulah inti dari semua permainan first-person shooter. Akan ada beberapa side mission yang dapat kalian selesaikan sebagai cara untuk menambah uang.

Permainan akan usai setelah empat menit berlalu. Jumlah dari musuh yang kalian bunuh nantinya akan dihitung menjadi nilai skor akhir kalian. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap peringkatmu di dalam pertandingan tersebut, semakin banyak jumlah kill, maka semakin tinggilah nilai skor yang didapat. Nilai skor yang sama lalu akan dirubah menjadi experience points, yang kemudian akan diakumulasikan untuk menaikkan level karaktermu.

Tidak hanya itu saja, senjata yang sering kalian pakai juga akan mendapat eksperience points. Semakin sering dipakai maka semakin cepat senjatamu akan naik level. Maka semakin hebat lah senjata itu nantinya. Jika tidak sabar, kalian dapat menggunakan senjata lain yang tidak terpakai, dan menggabungkannya dengan senjata yang ingin kalian naikkan levelnya melalui fitur fusion.

Kustomisasi Kontrol Yang Lengkap

Kendali yang diberikan cukup sederhana dan berfungsi dengan baik. Peletakan tombol juga memudahkan pemain untuk berlari, menembak sekaligus mencari posisi yang pas saat terjadi baku-tembak.

Pemain diberi kebebasan untuk menggunakan satu dari tiga jenis kendali; virtual pad, floating, dan classic. Virtual pad berarti menggunakan layar bagian kiri sepenuhnya untuk bergerak dan bagian sudut kanan bawah untuk menembak. Floating berarti memberikan kebebasan pemain untuk menggunakan bagian manapun dari sisi kanan-kiri layar untuk bergerak dan menembak. Sedangkan classic berarti menggunakan fixed control, tombol kendali akan muncul pada tiap bagian sudut layar, letak tombol ini tidak berubah di sepanjang permainan.

Tidak puas dengan pilihan kendali yang sudah disediakan? Kalian diberi kebebasan untuk memilih salah satu dari tiga opsi kendali tadi dan membuat kustomisasi sendiri. Dan yang paling penting, pemain diberi kebebasan untuk mengatur tingkat sensitivitas gerakan, aturlah sedemikian rupa menurut reflek kalian, sehingga nantinya setting ini dapat membantu bidikanmu di dalam game.

Sistem Energi Yang Unik

Satu hal yang tidak dapat lepas dari sebuah game free-to-play adalah sistem energi dan IAP itu sendiri. Seperti mungkin sudah dapat ditebak, Afterpulse juga memakai sistem energi yang sama, kalian harus memakai lima energi point setiap kali bermain offline multiplayer atau training.

Editor : Alexius Aditya

Latest