Follow Us

Review The Whispered World, Petualangan Keluarga Badut Sirkus

Alexius Aditya - Kamis, 26 November 2015 | 19:01
Review The Whispered World, Petualangan Keluarga Badut Sirkus

Sebagian pekerjaan memang mengharuskan seseorang untuk membuat orang lain senang dengan cara apa saja, menjadi badut adalah salah satu sekian banyak cara. Namun apa yang terjadi apabila justru sang badut lah yang mempunyai masalah, sehingga alih-alih mempunyai mimik muka yang menyenangkan, justru harus terlihat murung karena satu dan beberapa hal lain?

Badut tersebut adalah seorang karakter dari game The Whispered World, yang merupakan sebuah game point-and-click besutan Daedalic Entertainment, tim pengembang yang juga telah sukses dengan seri Deponia yang pernah tim MakeMac bahas sebelumnya.

Point-and-click adalah sebuah tipe game dimana pemain dapat melakukan interaksi dengan objek di dalam game, dengan cara mengarahkan pointer ke objek yang dimaksud. Game point-and-click biasanya dibagi menjadi genre yang lebih khusus seperti point-and-click adventure, point-and-click puzzle dan lain-lain.

Gerombolan Badut Sirkus

Karakter utama yang nantinya akan kalian mainkan adalah seorang anak muda yang bekerja sebagai badut sirkus. Seorang badut yang biasanya digambarkan dengan ceria justru tampak selalu mengeluh dan murung, bernama Sadwick. Seseorang yang digambarkan sebagai pesimis, ceroboh dan penakut.

Sadwick tidak sendirian, ditemani oleh kakak laki-lakinya dan sang kakek, mereka bertiga adalah segerombolan badut sirkus. Sadwick memulai petualangannya, ditemani oleh Spot, sebagai binatang peliharaan Sadwick yang setia, menemani Sadwick kemanapun dia pergi.

Pada satu malam, sebuah mahluk biru yang aneh berbicara kepada Sadwick di dalam mimpinya. Dengan berdasarkan mimpi aneh inilah, petualangan Sadwick dimulai. Berbagai macam petualangan, dari mulai bertemu karakter baru maupun menghadapi bahaya yang mengancam. Sadwick tahu bahwa dunia yang dulunya baik sudah mulai tidak aman lagi.

Jika biasanya pada game point-and-click kalian akan menggunakan satu karakter saja, maka pada The Whispered World, secara tidak langsung kalian akan menggunakan dua karakter. Game ini sedikit menuntut kalian untuk jeli dalam memilih karakter mana yang harus digunakan, Sadwick, Spot, atau keduanya.

Sedikit lebih dalam lagi, Spot sebagai binatang peliharaan Sadwick yang setia juga dapat berubah bentuk. Hal ini tentunya tidak hanya sebagai hiasan saja dan tampilan saja. Ada saat-saat tertentu dimana Spot memang harus berubah bentuk untuk dapat digunakan sebagai alat supaya Sadwick dapat menyelesaikan puzzle.

Gunakan Kedua Karakter Bergantian Untuk Memecahkan Masalah

Kendali dari The Whispered World sendiri cukup baik, walaupun memang harus saya akui sedikit aneh dan butuh penyesuaian. Pemain dapat berinteraksi dengan beberapa titik di dalam game. Jika bingung mana saja objek tersebut, maka pemain dapat dengan mudah menggunakan tombol kaca pembesar yang terletak di pojok kanan bawah untuk memberikan petunjuk, objek mana saja yang dapat diajak berinteraksi.

Setiap objeknya terdapat tiga jenis interaksi; mata yang berarti Sadwick hanya akan melihat objek tersebut, mulut yang berarti Sadwick akan memakan ataupun berbicara dengan objek atau subjek tersebut, dan yang terakhir tangan yang berarti Sadwick akan berinteraksi langsung dengan objek. Pilihan kedua akan sering dipakai untuk berbicara dengan setiap karakter yang akan kalian temui, sedangkan pilihan ketiga akan sering digunakan untuk mengambil objek untuk digunakan langsung ataupun disimpan ke dalam inventory.

Inventory letaknya ada di bagian kiri bawah, berisi semua objek yang pemain ambil atau bawa sebagai alat pembantu pemecah puzzle, yang diberikan di sepanjang permainan. Spot sendiri dikategorikan sebagai alat, sehingga tidak jarang kalian nanti membutuhkan bantuannya untuk menyelesaikan suatu puzzle tertentu.

Pemain Dipaksa Untuk Menemukan Petunjuk Sendiri

Jika sebuah game puzzle biasanya memiliki beberapa petunjuk, lewat bentuk dan informasi dari objek itu sendiri, maka dua hal tersebut tidak akan pemain temui di The Whispered World. Pemain harus berhasil untuk menemukan petunjuk sendiri, lewat adanya interaksi dengan tiap objek dan lewat percakapan yang dilakukan dengan karakter lain.

Editor : MakeMac

Latest