Follow Us

iSpeedUp, Hapus File Sampah dan Dapatkan Performa Cepat di Komputer Mac

Bagus Hernawan - Rabu, 18 November 2015 | 10:44
iSpeedUp, Hapus File Sampah dan Dapatkan Performa Cepat di Komputer Mac

Pengguna OS X sering mengeluhkan performa komputer yang mulai menurun kebanyakan dialami oleh pengguna baru. Setelah dilihat lebih lanjut, hal ini terjadi karena faktor manajemen dokumen yang kurang rapi dan bersarangnya cache files dimana-mana. Nah untuk mengembalikan performa komputer Mac kamu dengan menghapus Junk, Logs dan beragam dokumen pengganggu lainnya, coba gunakan iSpeedUp. Tim MakeMac sudah mencobanya dan ingin berbagi review kepada kamu semua.

Sepintas Tentangn iSpeedUp

Sebetulnya aplikasi semacam ini sudah banyak, tapi tim MakeMac memilih iSpeedUp karena percaya kepada tim pengembangnya, Ya, grup pengembang Stellar adalah yang menciptakan Stellar Data Recovery – aplikasi untuk mengembalikan data yang terhapus atau format. Dengan banyaknya rekomendasi pengguna tentang aplikasi tersebut, mustinya iSpeedUp juga punya performa yang dapat diandalkan.

Oke, lanjut ke penjelasan fitur ya. Dalam laman catatan mereka dijelaskan ada beberapa fitur utama dari iSpeedUp. Yaitu menghapus dokumen terduplikasi, menghapus dokumen pendukung yang tidak terpakai (internet cache, junk, logs, dal lain sebagainya) serta menghapus folder yang aman untuk dibersihkan seperti Download, cache email dan lain sebagainya.

Penasaran dengan hasil pengujiannya? Silahkan baca penjelasan berikut ini ya!

Hasil Pengujuan iSpeedUp

Langkah pertama tentu saja mengunduh iSpeedUp dari Mac App Store atau laman sang pengembangnya. Setelah itu cukup tekan 2x ikon aplikasi iSpeedUp untuk mulai menjalankan. Pengguna akan diberi beberapa pengetahuan dasar seputar penggunaan aplikasi ini sebelum mulai membabat habis dokumen tidak terpakai.

Langkah pertama adalah memilih Home Folder. Ya, iSpeedUp cocok untuk kamu yang menggunakan komputer Mac dengan akun lebih dari 1 dan tidak menyebabkan akun lain ikut terpindai. Nah setelah memilih akun, proses memindai akan berjalan dengan menampilkan angka hasil sementara secara besar di kolom kanan.

Mengintip ke tabel di sebelah kiri, ada beberapa keterangan mengenai asal dokumen yang akan dihapus. Mulai dari kategori Cache Files, Log Files, Trashes, Duplicate Files, Large Files, Downloads dan juga Mail Downloads. Tunggu saja dengan sabar untuk mendapatkan hasil pemindaian dengan sempurna. Seberapa proses pemindaian ini berlangsung? Tentunya bergantung pada seberapa banyak data yang kamu miliki – bisa 3 menit saja hingga cukup lama yaitu sekitar 20 menit.

Selesai dengan proses memindai, silahkan tekan tombol SpeedUp Now yang ada di kanan bawah ya. Nah untuk kamu yang mengunduh iSpeedUp dari laman pengembang dalam lisensi shareware, ada 2 pilihan yang tampil seperti gambar di atas. Yaitu menghapus sebagian data atau menggunakan semua fiturnya dengan cara memeli lisensi aplikasi iSpeedUp.

Wajib dicatat. Mungkin ada beberapa bagian yang tidak ingin kamu hapus – seperti folder Downloads. Pastikan kamu melakukan uncheck list dari tampilan utama ya sebelum menekan tombol SpeedUp Now. Jika tidak, dokumen kamu yang ada di sana tentunya akan terhapus.


Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest