Follow Us

Perang Hologram di Star Wars – Galaxy of Heroes untuk iPad, iPhone, dan iPod Touch

Alexius Aditya - Jumat, 27 November 2015 | 19:54
Perang Hologram di Star Wars – Galaxy of Heroes untuk iPad, iPhone, dan iPod Touch

Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar nama Lucasfilm? Star Wars tentu saja! Sekali lagi, tim Lucasfilm dan tim pengembang Electronic Arts telah berkolaborasi untuk menghadirkan game terbarunya untuk iOS, berjudul Star Wars: Galaxy of Heroes. Kalian akan mengendalikan karakter pada film Star Wars untuk berperang hologram, peperangan antara sisi terang dan sisi gelap.

Star Wars: Galaxy of Heroes adalah sebuah turn-based game bergaya RPG, yang berarti permainan akan dilakukan bergantian oleh karakter sesuai gilirannya berjalan. Elemen RPG yang ada disini dapat kalian temui saat kalian melakukan kustomisasi dari karakter itu sendiri.

Terdapat 60 Pilihan Karakter

Star Wars: Galaxy of Heroes lebih menekankan kepada aksinya sendiri dibandingkan dengan jalan ceritanya. Dan saya rasa, hal ini baik, mengingat pemain dapat memiliki hingga sepuluh lebih karakter yang berarti tidak mungkin menceritakan semuanya secara detail. Jadi alih-alih menceritakan tiap karakternya satu-persatu, tim pengembang justru memperbolehkan pemain untuk mengumpulkan setiap karakternya.

Mengumpulkan setiap karakter? Ya, saat game ini dirilis saja, Star Wars: Galaxy of Heroes sudah menawarkan 60 pilihan karakter yang keseluruhannya dapat didapatkan dengan hanya bermain saja ataupun dengan membayar uang sungguhan. Tidak puas dengan hanya 60 pilihan karakter? Tenang saja, nantinya akan datang lebih banyak karakter lagi di game ini kok, jadi kalian tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Saya puas dengan hanya lima karakter saja, apakah ada alasan lain mengapa saya harus mengumpulkan ke–55 karakter lainnya? Mungkin saja. Setiap karakternya mempunyai kemampuan masing-masing dan kalian akan dihadapkan dengan musuh yang berbeda-beda pada setiap misinya. Sebagai sebuah tim yang solid, anggota dari tim kalian juga harus dapat menyesuaikan anggota tim musuh. Inilah kenapa kalian harus mempunyai karakter lain sebagai pilihan lain.

Setiap tim akan terdiri dari tiga hingga enam karakter, yang akan berdiri sejajar menjadi dua baris dan saling menyerang dengan urutan yang acak. Kalian tidak dapat menentukan posisi karakter kalian secara bebas disini. Lagipula posisi bukanlah sebuah masalah karena kalian tetap dapat memilih musuh mana yang akan kalian serang terlebih dahulu, tidak tergantung pada posisinya. Sebaliknya, lawan juga dapat memilih untuk menyerang karakter mana yang akan mereka bunuh terlebih dahulu, jadi pastikan anggota kalian saling melengkapi satu sama lain.

IAP dan Sistem Energi Yang Menyenangkan

Karena sistem permainannya yang memang dibuat sederhana, maka untuk menyerang pun kalian hanya akan dibekali dengan dua tombol saja. Tombol pertama adalah serangan normal, yang dapat digunakan sekali saja setiap giliran karakter tersebut beraksi. Tombol kedua yang letaknya di kanan adalah tombol serangan spesial. Beberapa karakter mempunyai kekuatan spesial dengan damage area dimana efek serangan ini dapat mengenai banyak musuh sekaligus. Kalian dapat menggunakan kekuatan spesial ini untuk keuntungan tim kalian, healing misalnya, ataupun untuk menyerang musuh yang banyak sekaligus.

Bagaimana dengan IAP dan sistem energinya? Star Wars: Galaxy of Heroes adalah sebuah game freemium, oleh sebab itu, dua hal tadi pastinya akan tetap muncul di game ini.

IAP diperlukan untuk mempercepat terkumpulnya karakter. Jika kalian bersikeras untuk tidak ingin menggunakan uang sungguhan untuk bermain, maka kalian dapat menggunakan karakter bawaan yang menurut saya sudah cukup baik dan kuat. Bahkan, kalian dapat menggunakan karakter tersebut untuk menyelesaikan chapter pertama di game ini tanpa masalah sama sekali, tanpa melakukan grinding.

Saya juga kaget waktu sadar bahwa hampir selama satu jam saya bermain, game ini sama sekali belum mengingatkan saya untuk berhenti. Energi yang saya miliki cukup banyak, hingga tanpa sadar saya telah menyelesaikan satu chapter penuh tanpa harus dipusingkan dengan sistem energinya. Ini berarti sistem energi pada Star Wars: Galaxy of Heroes menurut saya sangat baik. Pemain dapat bermain dalam waktu yang cukup lama sebelum akhirnya berhenti karena harus melakukan kegiatan lain dan saat kembali lagi ingin bermain, maka game ini sudah siap untuk dimainkan dengan jumlah energi yang tentunya sudah penuh kembali. Cukup terasa adil dan menyenangkan bukan?

Pemain Tidak Diberi Kebebasan Untuk Berpihak

Selalu ada sisi terang dan sisi gelap seperti pada Star Wars, dan tidak terkecuali pada game ini. Dalam Star Wars: Galaxy of Heroes, pemain dapat bermain sebagai sisi terang terlebih dulu sebelum akhirnya dapat bermain menggunakan sisi buruk. Saya tidak tahu mengapa tim pengembang memutuskan demikian. Padahal menurut saya, ada baiknya memberikan kebebasan pemain untuk menentukan sisi mana terlebih dahulu yang akan dimainkan jika pada akhirnya mereka juga akan bermain sebagai kedua sisi.


Baca Juga:

Editor : MakeMac

Latest