Follow Us

Menjadi Sebuah Ahli Beladiri Di To-Fu Fury

Alexius Aditya - Senin, 30 November 2015 | 15:16
Menjadi Sebuah Ahli Beladiri Di To-Fu Fury

Menjadi seorang yang ahli dalam beladiri akan membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama karena kalian harus melakukan latihan yang berat dulu sebelum dapat menjadi ahlinya. Pada game puzzle platformer buatan tim pengembang HotGen Studios ini, kalian akan bergerak cepat, mengumpulkan butiran chi dan menjadi ahli beladiri yang paling tangguh sedunia.

Jika kalian merasa tidak asing dengan game ini, dugaan kalian benar. To-Fu Fury bukanlah game pertama yang bercerita tentang perjalanan sebuah tofu si ahli beladiri. Sebelumnya telah hadir To-Fu: The Trials of Chi dan To-Fu 2.

Kumpulkan Butiran Chi

Pada To-Fu Fury, kalian akan bermain sebagai sebuah ahli beladiri yang flexible. Sebuah? Ya, karena kalian adalah sebuah tofu. Untuk kalian yang belum tahu, tofu adalah sejenis makanan yang dihasilkan dari susu kedelai, yang dibentuk menjadi blok persegi berwarna putih. Tofu mempunyai banyak variasi dan beberapa dibuat untuk menjadi sangat lembut, ataupun keras.

Nah pada game ini, misi utama kalian adalah mengumpulkan butiran chi. Hal ini dipermudah karena butiran chi tersebut biasanya hanya tersebar pada satu ruangan yang sama. Kalian nantinya akan menjelajahi banyak ruangan berbeda untuk mengumpulkan semua butiran chi.

Mudah saja kalau begitu kan? Tunggu dulu, misi kalian tidak hanya sampai disitu. Ada hal-hal yang harus diperhatikan, yang menguji kalian sebagai ahli beladiri berbentuk tofu. Beberapa hal tersebut adalah berapa jumlah butiran chi yang dapat kalian kumpulkan, waktu dan berapa jumlah kalian butuhkan untuk sampai garis finish.

Jumlah butiran chi yang dapat kalian kumpulkan jumlahnya berbeda tiap ruangan, dan kalian harus mengumpulkan keseluruhan butirannya. Kondisi pertama ini terdengar cukup mudah bukan? Lalu muncul kondisi lain, yaitu berapa detik waktu yang kalian butuhkan untuk melakukannya. Ditambah dengan kondisi terakhir, yaitu pergerakan kalian yang akan dihitung dengan seksama jumlahnya. Namun begitu, kalian dapat menyelesaikan semua kondisi ini dengan mengulang misi yang sama berulang kali hingga berhasil.

Hal lain yang juga akan menjadi halangan kalian untuk memenuhi semua kondisi diatas adalah adanya objek yang berusaha menghalangi sang tofu untuk menjangkau butiran chi. Objek seperti paku dan blok kayu akan diposisikan sedemikian rupa sehingga kalian tidak begitu saja bisa menjangkau butiran chi. Kalian dapat menggunakan gerakan spesial kalian untuk mengambil butiran chi yang tersembunyi ini.

Gerakan Spesial Sang Tofu

Walaupun kalian adalah sebuah ahli beladiri, namun kalian tetap adalah sebuah tofu. Dan sebagai sebuah tofu, kalian tentunya tidak dapat bergerak bebas selayaknya seseorang. Pergerakan yang terbatas ini mengharuskan kalian untuk mempertimbangkan setiap gerakannya. Ditambah lagi dengan ruangan yang biasanya memang sempit, semakin menantang kalian untuk tidak melakukan kesalahan sedikit pun.

Gerakan utama adalah memanjang dan meluncur. Kalian dapat menarik jari kalian ke arah manapun dan selama kalian menahan jari diatas layar, maka sang tofu akan memanjang ke arah tersebut. Melepaskan jari berarti membuat sang tofu meluncur cepat ke arah yang dimaksud.

Gerakan kedua adalah melompat ke samping. Gerakan ini dibutuhkan untuk bergeser jika gerakan meluncur tadi dirasa tidak memungkinkan. Kalian dapat melakukan gerakan bergeser ini dengan menahan dua jari diatas layar.

Sedangkan gerakan terakhir adalah melompat. Tarik sang tofu ke bawah dan arahkan lompatan, sejauh mana kalian ingin melompat. Ketiga gerakan tadi akan membantu sang tofu untuk bergerak bebas di dalam ruangan.

Kontrol Terkadang Kurang Responsif

Keahlian tangan kalian sangat dibutuhkan disini karena sang tofu akan menjalankan misinya dengan kondisi dikejar waktu dan banyak melalui rintangan. Dan kontrol yang terkadang kurang responsif inilah yang menjadi masalah.

Editor : Alexius Aditya

Latest