Follow Us

Craig Frederighi Bicara Workshop “Hour of Code” Bareng BBC

Andri Alfansyah - Selasa, 08 Desember 2015 | 12:08
Craig Frederighi Bicara Workshop “Hour of Code” Bareng BBC

SVP of Software Engineering, Craig Federighi, baru saja menjalani wawancara bareng BBC mengenai workshop tahunan “Hour of Code” yang digelar minggu ini di Apple Store seluruh dunia khusus bagi anak dengan usia 6 ke atas.

Dalam wawancaranya sebagaimana dilansir 9to5Mac, Craig Frederighi mengatakan bahwa perangkat komputer dengan berbagai bentuknya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Bisa memahami komputer adalah sama pentingnya seperti halnya menulis, pungkasnya.

“These devices are so much a part of our lives, we have a computer in some form wherever we go, that the ability to create in that medium is as fundamental as the ability to write,” he said […]

Menurut Craig Frederighi, pemrograman komputer perlu dipandang sebagai bahasa dan cara untuk berpikir karena merupakan tingkat lanjut dari literasi atau kecakapan dalam menulis dan membaca.

He says programming should be seen as a “language and a way of thinking”. And while many young people have a great facility in using devices, he says being able to programme them is the “next level of literacy”.

Craig Frederighi juga bercerita bahwa dia memulai mempelajari bahasa pemrograman komputer sejak umur 10 tahun. Melalui proyek “Hour of Code”, ia berharap dapat menghilangkan mitos bahwa menjadi seorang programmer itu bekerja sendirian.

"People sometimes have a view of programming that is something solitary and very technical. But programming is among the most creative, expressive and social careers.

It’s an incredibly creative medium, not unlike music, and there’s a tremendous cross-over between people who programme and musicians.


Baca juga:


Kehadiran workshop “Hour of Code” itu juga merupakan salah keinginan besar Craig untuk menjadikan Apple Store sebagai basis pendidikan dan pelatihan. Karena, teknologi dan pelatihan sudah menjadi bagian yang saling menyatu.

Namun tak dipungkiri, bahwa penggunaan teknologi dalam kelas mendapatkan penolakan dari sejumlah pihak. Misalnya OECD yang pernah mengklaim bahwa tak ada manfaat yang terlihat dari penggunaan teknologi dan pendidikan.

Meski begitu, Craig mengatakan penggunaan teknologi di dalam kelas memiliki potensi yang fenomenal apabila bisa diterapkan dengan baik.


Apple Siap Gelar Workshop Gratis “Hour of Code” buat Anak Minggu Depan

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2015/12/02/apple-hour-of-code-workshops-2015/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest